PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KARAKTERISTIK GURU MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SMP NEGERI I MONDOKAN TAHUN AJARAN 2006/2007

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsisiswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh motivasi be...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Setiani, Ambar
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10760/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsisiswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N I Mondokan Kabupaten Sragen tahun ajaran 2006 / 2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa diperoleh dari tabel krejcie dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah regresi linear yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linearitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukan (1) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika,dengan Fhitung = 5,754 (2) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang karakteristik guru terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,509 (3) terdapat pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,215. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.