PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KARAKTERISTIK GURU MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SMP NEGERI I MONDOKAN TAHUN AJARAN 2006/2007

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsisiswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh motivasi be...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: Setiani, Ambar
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2007
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/10760/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsisiswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N I Mondokan Kabupaten Sragen tahun ajaran 2006 / 2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa diperoleh dari tabel krejcie dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah regresi linear yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linearitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukan (1) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika,dengan Fhitung = 5,754 (2) terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang karakteristik guru terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,509 (3) terdapat pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2,215. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, persepsi siswa tentang karakteristik guru matematika dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.