ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA GALLERY BATIK CEMPAKA
Seni batik merupakan budaya asli Indonesia yang sarat akan makna dan nilai. Sekarang ini batik sudah dikonsumsi semua kalangan, baik dari jenis, motif maupun kegunaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas bauran pemasaran terhadap peningkatan loyalitas konsumen. S...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English |
出版: |
2007
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/10755/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Seni batik merupakan budaya asli Indonesia yang sarat akan makna dan nilai.
Sekarang ini batik sudah dikonsumsi semua kalangan, baik dari jenis, motif maupun
kegunaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas
bauran pemasaran terhadap peningkatan loyalitas konsumen. Sehingga dari hasil
penelitian diharapkan dapat mengetahui keunggulan karakteristik tiap produk baik,
yang bisa dijadikan masukan dalam bidang pemasaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada Batik Cempaka,
sedangkan sampelnya adalah 60 konsumen yang berkunjung di Batik Cempaka yang
diambil melalui metode purposive samplig.
Adapun berdasarkan hasil penelitian tentang efektivitas pengaruh bauran
pemasaran pada Batik Cempaka yang terdiri dari produk, harga, promosi dan
distribusi terhadap loyalitas konsumen, diketahui bahwa hasil pengujian statistik t
(thitung) untuk variabel produk adalah 3,270 > 2,004; sehingga produk berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen, untuk variabel harga adalah -2,321 < -2,004; sehingga
produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, untuk varibel promosi adalah
4,393 > 2,004; sehingga promosi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan untuk
variabel distribusi adalah 1,607 < 2,004; sehingga distribusi tidak berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen. Hasil Fhitung adalah 31,368 lebih besar dari Ftabel sebesar
2,53 yang menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga,
promosi dan distribusi secara bersma-sama efektif berpengaruh terhadap loyalitas
konsumen. Adapun dengan besar nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,695
berarti bahwa loyalitas konsumen pada Batik Cempaka 69,5% dapat dijelaskan oleh
bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi, sedangkan
sisanya sebesar 40,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
|
---|