ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK JASA PENDIDIKAN KOMPUTER PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ALFABANK CABANG KLECO SURAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan, pendapatan, status pekerjaan dengan kualitas proses belajar mengajar, fasilitas, pelayanan dan biaya dan untuk mengetahui hubungan antara variabel karakteristik konsumen terhadap atribut produk jasa pendidikan kom...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10753/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara tingkat
pendidikan, pendapatan, status pekerjaan dengan kualitas proses belajar mengajar,
fasilitas, pelayanan dan biaya dan untuk mengetahui hubungan antara variabel
karakteristik konsumen terhadap atribut produk jasa pendidikan komputer pada lembaga
pendidikan ALFABANK Cabang Kleco, Surakarta. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Chi-square. Analisis Chi-square digunakan untuk untuk mengetahui
apakah ada keterkaitan antara karakteristik konsumen (tingkat pendidikan, pendapatan,
dan status pekerjaan) terhadap atribut produk jasa.
Hasil analisis data diketahui hubungan antara tingkat pendidikan dengan kualitas
diperoleh Chi Square (X2 hitung = 10,681) > X2 tabel (9,488) dan P value (0,030) <
(0,05) artinya terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan kualitas proses belajar
mengajar. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dengan Fasilitas. Chi Square = 10,365
diperoleh X2 hitung (10,365) > X2 tabel (9,488) dan P value (0,035) < (0,05) artinya
terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan fasilitas. Hubungan Antara Tingkat
Pendidikan Dengan Pelayanan diperoleh nilai Chi Square (X2 hitung) = 8,362 > X2
tabel (9,488) dan P value (0,079) < (0,05) artinya terdapat hubungan antara tingkat
pendidikan dengan pelayanan yang diberikan lembaga. Hubungan Antara Tingkat
Pendidikan Dengan Biaya diperoleh X2 hitung (9,840) > X2 tabel (9,488) dan P value
(0,043) < (0,05) artinya terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan biaya.
Hubungan Antara Pendapatan Dengan Kualitas diperoleh X2 hitung (10,132) > X2
tabel (9,488) dan P value (0,038) < (0,05) artinya terdapat hubungan antara tingkat
pendapatan dengan kualitas. Hubungan Antara Pendapatan Dengan Fasilitas diperoleh
X2 hitung (10,229) > X2 tabel (9,488) dan P value (0,037) < (0,05) artinya terdapat
hubungan antara tingkat pendapatan dengan fasilitas. Hubungan antara pendapatan
dengan pelayanan diperoleh X2 hitung (2,107) > X2 tabel (9,488) dan P value (0,716)
> (0,05) artinya tidak terdapat hubungan antara tingkat pendapatan dengan pelayanan.
Hubungan Antara Pendapatan Dengan Biaya. Diperoleh X2 hitung (23,575) > X2 tabel
(12,592) dan P value (0,000) < (0,05) artinya terdapat hubungan antara tingkat
pendapatan dengan biaya. Hubungan Antara Pekerjaan Dengan Kualitas diperoleh X2
hitung (16,361) > X2 tabel (12,592) dan P value (0,012) < (0,05) artinya terdapat
hubungan antara pekerjaan dengan kualitas. Hubungan Antara Pekerjaan Dengan
Fasilitas diperoleh X2 hitung (13,918) > X2 tabel (12,592) dan P value (0,031) <
(0,05) artinya terdapat hubungan antara pekerjaan dengan fasilitas. Hubungan Antara
Pekerjaan Dengan Pelayanan diperoleh X2 hitung (9,065) < X2 tabel (12,592) dan P
value (0,170) > (0,05) maka Ho artinya tidak terdapat hubungan antara pekerjaan
dengan pelayanan. Hubungan Antara Pekerjaan Dengan Biaya diperoleh X2 hitung
(16,619) > X2 tabel (12,592) dan P value (0,011) < (0,05), artinya terdapat hubungan
antara pekerjaan dengan biaya.
Hasil analisis coefficient of contingency menunjukan bahwa faktor yang paling
dominan mempengaruhi sikap konsumen terhadap atribut produk pada lembaga
pendidikan ALFABANK Cabang Kleco, Surakarta adalah faktor pendapatan dengan
biaya ditunjukan dengan selisih yang paling kecil antara C dengan Cmax yaitu
0,745598.
|
---|