PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI KAIN BATIK DI SENTRA PASAR BATIK DANARHADI SURAKARTA
Kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh pengusaha mengenai perilaku konsumen tentang apa yang dicari konsumen, apa yang dibutuhkan konsumen dan apa yang diinginkan konsumen membuat konsumen tidak merasakan adanya kepuasan. Sehingga dalam penelitian ini penulis mencoba melakukan penelitian denga...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10751/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh pengusaha mengenai perilaku
konsumen tentang apa yang dicari konsumen, apa yang dibutuhkan konsumen dan
apa yang diinginkan konsumen membuat konsumen tidak merasakan adanya
kepuasan. Sehingga dalam penelitian ini penulis mencoba melakukan penelitian
dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap niat
pembelian kembali kain batik di Sentra Batik Danarhadi Surakarta, yang mana
hasilnya diharapkan menjadi bahan pertimbangan atau masukan bagi Sentra Pasar
Batik Danar Hadi Surakarta tentang apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan
dari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat pembelian kembali kain batik di
Sentra Pasar Batik Danarhadi Surakarta.
Penelitian ini dilaksanakan pada konsumen kain Batik di Sentra Pasar Batik
Danarhadi Surakarta dengan populasi seluruh konsumen yang datang pada Sentra
Pasar Batik Danarhadi Surakarta. Adapun sampel penelitiannya adalah 100
konsumen di Sentra Pasar Batik Danarhadi Surakarta dengan metode pengambilan
sampel Convenience sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linier sederhana diketahui
bahwa hasil thitung > ttabel sehingga Ho ditolak, artinya bahwa kepuasan konsumen
berpengaruh terhadap niat pembelian kembali batik di Sentra Pasar Batik Danar
Hadi Surakarta. Sedangkan nilai R2 sebesar 0,051 berarti bahwa kepuasan
konsumen berpengaruh terhadap niat pembelian kembali sebesar 5,1%.
|
---|