PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)

Penulisan skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian oran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURHAYATI, ANITA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10749/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995155355238400
author NURHAYATI, ANITA
author_facet NURHAYATI, ANITA
author_sort NURHAYATI, ANITA
collection ePrints
description Penulisan skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Semester 1 Tahun Ajar 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan sempel penelitian sebanyak 80 siswa diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) metode angket digunakan untuk menggumpulkan data yang berupa skor angket perhatian orang tua dan lingkungan belajar (2) metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai tes semester 1 untuk prestasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji keberartian dan uji independensi, setelah uji prasarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Dari hasil pengujian hipotesis dengan α =5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung= 2,456 (2) terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 3,740 (3) terdapat pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar matematika dengan thitung= 9,639 (4) didapat R=0,3426 artinya pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar sebesar 34,26% sisanya dipengaruhi oleh faktor luar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10749
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10749 https://eprints.ums.ac.id/10749/ PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007) NURHAYATI, ANITA LB Theory and practice of education Penulisan skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Semester 1 Tahun Ajar 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan sempel penelitian sebanyak 80 siswa diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) metode angket digunakan untuk menggumpulkan data yang berupa skor angket perhatian orang tua dan lingkungan belajar (2) metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai tes semester 1 untuk prestasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji keberartian dan uji independensi, setelah uji prasarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Dari hasil pengujian hipotesis dengan α =5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung= 2,456 (2) terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 3,740 (3) terdapat pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar matematika dengan thitung= 9,639 (4) didapat R=0,3426 artinya pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar sebesar 34,26% sisanya dipengaruhi oleh faktor luar. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/1/Nita-cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/4/Nita_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/5/Nita_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/7/Nita_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/11/Nita-4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/18/Nita-5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/21/Nita-DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/24/Nita-Lampiran.pdf NURHAYATI, ANITA (2007) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410030050
spellingShingle LB Theory and practice of education
NURHAYATI, ANITA
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)
title PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)
title_full PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)
title_fullStr PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)
title_full_unstemmed PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)
title_short PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)
title_sort pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas i sma negeri 2 sukoharjo tahun 2006 2007
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10749/
work_keys_str_mv AT nurhayatianita pengaruhperhatianorangtuadanlingkunganbelajarterhadapprestasibelajarmatematikapadasiswakelasismanegeri2sukoharjotahun20062007