PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007)
Penulisan skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian oran...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10749/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995155355238400 |
---|---|
author | NURHAYATI, ANITA |
author_facet | NURHAYATI, ANITA |
author_sort | NURHAYATI, ANITA |
collection | ePrints |
description | Penulisan skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini
menggunakan rancangan diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Semester 1 Tahun Ajar 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan sempel penelitian sebanyak 80 siswa diambil
dengan teknik random sampling terhadap kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) metode angket digunakan untuk menggumpulkan data yang berupa skor angket perhatian orang tua dan lingkungan belajar (2) metode dokumentasi
digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai tes semester 1 untuk prestasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji keberartian dan uji independensi, setelah uji prasarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Dari hasil pengujian hipotesis dengan α =5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung= 2,456 (2) terdapat
pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 3,740 (3) terdapat pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar matematika dengan thitung= 9,639 (4) didapat R=0,3426 artinya pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar sebesar 34,26% sisanya dipengaruhi oleh faktor luar. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10749 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10749 https://eprints.ums.ac.id/10749/ PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007) NURHAYATI, ANITA LB Theory and practice of education Penulisan skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan diskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Semester 1 Tahun Ajar 2006/2007 sebanyak 240 siswa, sedangkan sempel penelitian sebanyak 80 siswa diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) metode angket digunakan untuk menggumpulkan data yang berupa skor angket perhatian orang tua dan lingkungan belajar (2) metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai tes semester 1 untuk prestasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji keberartian dan uji independensi, setelah uji prasarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Dari hasil pengujian hipotesis dengan α =5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung= 2,456 (2) terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 3,740 (3) terdapat pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar matematika dengan thitung= 9,639 (4) didapat R=0,3426 artinya pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar sebesar 34,26% sisanya dipengaruhi oleh faktor luar. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/1/Nita-cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/4/Nita_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/5/Nita_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/7/Nita_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/11/Nita-4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/18/Nita-5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/21/Nita-DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10749/24/Nita-Lampiran.pdf NURHAYATI, ANITA (2007) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410030050 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education NURHAYATI, ANITA PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007) |
title | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007) |
title_full | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007) |
title_fullStr | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007) |
title_full_unstemmed | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007) |
title_short | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas I SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun 2006/2007) |
title_sort | pengaruh perhatian orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas i sma negeri 2 sukoharjo tahun 2006 2007 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/10749/ |
work_keys_str_mv | AT nurhayatianita pengaruhperhatianorangtuadanlingkunganbelajarterhadapprestasibelajarmatematikapadasiswakelasismanegeri2sukoharjotahun20062007 |