MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel)
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui langkah-langkah pembelajaran melalui problem posing , 2) Meningkatkan kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui problem posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru m...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10748/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995155082608640 |
---|---|
author | NINGSIH, ATIK BUDI |
author_facet | NINGSIH, ATIK BUDI |
author_sort | NINGSIH, ATIK BUDI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui langkah-langkah pembelajaran melalui problem posing , 2) Meningkatkan kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui problem posing. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian
yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Wonosari yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes setiap akhir siklus, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui
meliputi reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kemampuan verbal siswa dalam memahami soal meningkat dari 5,5 % menjadi 89,2 % pada akhir siklus, (2)
kemampuan verbal siswa dalam mengajukan soal meningkat dari 0 % menjadi 72,9%, (3) kemampuan verbal siswa dalam mengerjakan soal meningkat dari 13,8 % menjadi 85,7% dan (4) hasil belajar siswa meningkat dari 13,8 % menjadi 54,9
% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan problem posing. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10748 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10748 https://eprints.ums.ac.id/10748/ MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) NINGSIH, ATIK BUDI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui langkah-langkah pembelajaran melalui problem posing , 2) Meningkatkan kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui problem posing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Wonosari yang berjumlah 38 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes setiap akhir siklus, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data , penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kemampuan verbal siswa dalam memahami soal meningkat dari 5,5 % menjadi 89,2 % pada akhir siklus, (2) kemampuan verbal siswa dalam mengajukan soal meningkat dari 0 % menjadi 72,9%, (3) kemampuan verbal siswa dalam mengerjakan soal meningkat dari 13,8 % menjadi 85,7% dan (4) hasil belajar siswa meningkat dari 13,8 % menjadi 54,9 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan problem posing. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10748/1/a%29_cover__%2B_awalan.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10748/3/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10748/4/Bab_II_dan_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10748/6/Bab_IV_dan_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10748/10/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10748/12/Lampiran.pdf NINGSIH, ATIK BUDI (2007) MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410030077 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education NINGSIH, ATIK BUDI MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) |
title | MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok
Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) |
title_full | MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok
Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) |
title_fullStr | MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok
Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) |
title_full_unstemmed | MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok
Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) |
title_short | MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII C SMP N I Wonosari Klaten Pokok
Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) |
title_sort | meningkatkan kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal matematika melalui problem posing ptk pembelajaran matematika kelas viii c smp n i wonosari klaten pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/10748/ |
work_keys_str_mv | AT ningsihatikbudi meningkatkankemampuanverbalsiswadalammenyelesaikansoalmatematikamelaluiproblemposingptkpembelajaranmatematikakelasviiicsmpniwonosariklatenpokokbahasansistempersamaanlinearduavariabel |