MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MENGGUNAKAN WAKTU BELAJAR MELALUI PENGORGANISASIAN TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS (PTK SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Kelas XI)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan menggunakan waktu belajar siswa dari segi 1) ketaatan, 2) kontinuitas, 3) pengalaman, untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam menyelesaikan soal dan untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan setiap masalah baik yang mudah maupun sulit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTI, ROFIKA DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10747/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan menggunakan waktu belajar siswa dari segi 1) ketaatan, 2) kontinuitas, 3) pengalaman, untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam menyelesaikan soal dan untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan setiap masalah baik yang mudah maupun sulit dalam pembelajaran matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI. IA SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 25 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Kelas XI. IA dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan ada 2, yaitu 1) metode pengumpulan dan pokok yang terdiri dari metode observasi dan catatan lapangan, 2) metode pengumpulan data bantu yang terdiri dari metode wawancara dan metode dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif de ngan metode alur. Hasil penelitian adalah meningkatnya kedisiplinan menggunakan waktu belajar siswa dari segi ketaatan bertambah dari 62,5 % menjadi 86,96 %, segi kontinuitas bertambah dari 58,33 % menjadi 78,26 %, dan segi pengalaman siswa bertambah dari 41,67 % menjadi 69,57 %. Peningkatan kemandirian siswa menyelesaikan masalah bertambah dari 54,17 % menjadi 82,61 % dan kemampuan siswa memecahkan masalah statistika bertambah dari 66,67 % menjadi 91,30 %. Jadi dengan pemberian tugas terstruktur dan kuis dapat meningkatkan kedisiplinan menggunakan waktu belajar, kemandirian menyelesaikan soal dan kemampuan memecahkan masalah.