MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARYADI, SINGGIH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10744/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995153988943872
author MARYADI, SINGGIH
author_facet MARYADI, SINGGIH
author_sort MARYADI, SINGGIH
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen yang berjumlah 39 siswa dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa yang terus diambil dengan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode : observasi, tes, dokumentasi. Untuk melakukan uji coba instrumen validitas dan reliabilitas yang bertujuan untuk mengukur bentuk soal sehingga tidak menyimpang dari gambaran variabel yang dimaksud. Sebelum dilakukan persyaratan uji analisis yang meliputi : uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesa dengan uji t pada taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan yang dilakuakan antara Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dengan Model Pembelajaran Konvensional, dengan tHitung = 3,76 > tTabel = 1,960. sehingga dapat dikatakan model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan prestasi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10744
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10744 https://eprints.ums.ac.id/10744/ MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005 MARYADI, SINGGIH LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen yang berjumlah 39 siswa dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa yang terus diambil dengan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode : observasi, tes, dokumentasi. Untuk melakukan uji coba instrumen validitas dan reliabilitas yang bertujuan untuk mengukur bentuk soal sehingga tidak menyimpang dari gambaran variabel yang dimaksud. Sebelum dilakukan persyaratan uji analisis yang meliputi : uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesa dengan uji t pada taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan yang dilakuakan antara Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dengan Model Pembelajaran Konvensional, dengan tHitung = 3,76 > tTabel = 1,960. sehingga dapat dikatakan model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan prestasi siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10744/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10744/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10744/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10744/11/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10744/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10744/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10744/19/Lampiran.pdf MARYADI, SINGGIH (2007) MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410950032
spellingShingle LB Theory and practice of education
MARYADI, SINGGIH
MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005
title MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005
title_full MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005
title_fullStr MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005
title_full_unstemmed MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005
title_short MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PORTOFOLIO PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 1 TAWANGMANGU KELAS VII TAHUN AJARAN 2004/2005
title_sort model pembelajaran matematika berbasis portofolio pada pokok bahasan kubus dan balok di smp negeri 1 tawangmangu kelas vii tahun ajaran 2004 2005
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10744/
work_keys_str_mv AT maryadisinggih modelpembelajaranmatematikaberbasisportofoliopadapokokbahasankubusdanbalokdismpnegeri1tawangmangukelasviitahunajaran20042005