PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional. (2) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa putra dan siswa putri. (3) Pengaruh interaksi antara metode pengajaran ber...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DARMANTO, DARMANTO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10743/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995153719459840
author DARMANTO, DARMANTO
author_facet DARMANTO, DARMANTO
author_sort DARMANTO, DARMANTO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional. (2) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa putra dan siswa putri. (3) Pengaruh interaksi antara metode pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kjelas III SMPN 5 Negeri Purwodadi tahun ajaran 2005/2006 yang berjumlah186. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 80 siswa yang terbagi dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelas kontrol 40 siswa. Metode pengumpulkan datanya adalah metode tes sebagai metode pokok, sedang metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu anava dua jalur sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil pembahasan analisis data dengan taraf signifikasi 5% menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional dengan FHit = 4,178. (2) terdapat perbedaan prestasi belajar metematika antara siswa putra dan siswa putri dengan FHit = 7,887. (3) tidak terdapat perbedaan antara metode pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin dengan FHit = 0,210.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10743
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10743 https://eprints.ums.ac.id/10743/ PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA DARMANTO, DARMANTO LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional. (2) Perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa putra dan siswa putri. (3) Pengaruh interaksi antara metode pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kjelas III SMPN 5 Negeri Purwodadi tahun ajaran 2005/2006 yang berjumlah186. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 80 siswa yang terbagi dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelas kontrol 40 siswa. Metode pengumpulkan datanya adalah metode tes sebagai metode pokok, sedang metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu anava dua jalur sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil pembahasan analisis data dengan taraf signifikasi 5% menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional dengan FHit = 4,178. (2) terdapat perbedaan prestasi belajar metematika antara siswa putra dan siswa putri dengan FHit = 7,887. (3) tidak terdapat perbedaan antara metode pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin dengan FHit = 0,210. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10743/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10743/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10743/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10743/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10743/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10743/15/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10743/20/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10743/23/LAMPIRAN.pdf DARMANTO, DARMANTO (2007) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410000049
spellingShingle LB Theory and practice of education
DARMANTO, DARMANTO
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA
title PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA
title_full PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA
title_fullStr PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA
title_full_unstemmed PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA
title_short PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT YANG DIBERI PENGAJARAN BERPROGRAMA TIPE BERCABANG DAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA
title_sort perbedaan prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan persamaan kuadrat yang diberi pengajaran berprograma tipe bercabang dan konvensional ditinjau dari jenis kelamin siswa
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10743/
work_keys_str_mv AT darmantodarmanto perbedaanprestasibelajarmatematikapadasubpokokbahasanpersamaankuadratyangdiberipengajaranberprogramatipebercabangdankonvensionalditinjaudarijeniskelaminsiswa