PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa trehadap prestasi belajar matematika. (3) Ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSDIYARTI, WATIK
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10742/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995153451024384
author KUSDIYARTI, WATIK
author_facet KUSDIYARTI, WATIK
author_sort KUSDIYARTI, WATIK
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa trehadap prestasi belajar matematika. (3) Ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2006/ 2007 berjumlah 320 siswa. Dengan sampel 80 siswa terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 40 siswa, yang diambil secara random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebelum data dianalisis dilakukan persyaratan uji analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian, untuk α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, ditunjukkan oleh FA = 11,804 > Ftabel = 4,000. (2) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh FB = 7,361 > Ftabel = 3,150. (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika secara bersamaan, ditunjukkan oleh nilai FAB = 0,343 < Ftabel = 3,150.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10742
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10742 https://eprints.ums.ac.id/10742/ PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KUSDIYARTI, WATIK LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal siswa trehadap prestasi belajar matematika. (3) Ada tidaknya interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tengaran tahun ajaran 2006/ 2007 berjumlah 320 siswa. Dengan sampel 80 siswa terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebanyak 40 siswa, yang diambil secara random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebelum data dianalisis dilakukan persyaratan uji analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji komparasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian, untuk α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, ditunjukkan oleh FA = 11,804 > Ftabel = 4,000. (2) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukkan oleh FB = 7,361 > Ftabel = 3,150. (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika secara bersamaan, ditunjukkan oleh nilai FAB = 0,343 < Ftabel = 3,150. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10742/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10742/4/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10742/7/04_babII.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10742/8/05_Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10742/12/06_BAB_IV_dan_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10742/16/07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10742/17/Lampiran.pdf KUSDIYARTI, WATIK (2007) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A 410000208
spellingShingle LB Theory and practice of education
KUSDIYARTI, WATIK
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_full PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_fullStr PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_full_unstemmed PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_short PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
title_sort pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10742/
work_keys_str_mv AT kusdiyartiwatik pengaruhmetodepembelajarankooperatiftipeteamsgamestournamentterhadapprestasibelajarmatematikaditinjaudarikemampuanawalsiswa