PENGARUH KEMAMPUAN AWAL, MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) peng...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/10741/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sukodono tahun ajaran 2006 / 2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 237 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah regresi linear yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh kemampuam awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 85.096, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap pretasi belajar matematika dengan thitung = 10.648, (3) terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2.084, (4) terdapat pengaruh kemampuam berhitung terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2.481. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.