PENGARUH KEMAMPUAN AWAL, MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) peng...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: WAHYUNINGSIH , WAHYUNINGSIH
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2007
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/10741/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sukodono tahun ajaran 2006 / 2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 237 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah regresi linear yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh kemampuam awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 85.096, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap pretasi belajar matematika dengan thitung = 10.648, (3) terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2.084, (4) terdapat pengaruh kemampuam berhitung terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2.481. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.