PENGARUH KEMAMPUAN AWAL, MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) peng...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English |
Được phát hành: |
2007
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/10741/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan awal,
minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika, (2)
pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh
minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) pengaruh kemampuan
berhitung terhadap prestasi belajar matematika.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sukodono
tahun ajaran 2006 / 2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 237 siswa. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik
random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
regresi linear yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil
penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh kemampuam
awal, minat belajar dan kemampuan berhitung terhadap prestasi belajar matematika
dengan Fhitung = 85.096, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap pretasi
belajar matematika dengan thitung = 10.648, (3) terdapat pengaruh minat belajar
terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2.084, (4) terdapat pengaruh
kemampuam berhitung terhadap prestasi belajar matematika dengan thitung = 2.481.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa, kemampuan awal, minat belajar dan
kemampuan berhitung siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar
matematika.
|
---|