PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE DI KARANGANYAR
Adanya persaingan global menuntut setiap perusahaan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang nantinya akan menunjang terwujudnya kepuasan konsumen/pelanggan (Consumer Satisfaction). Konsep penilaian atau pengukuran kualitas pelayanan yang pernah dikembangkan oleh Parasuraman yang dikenal...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10733/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Adanya persaingan global menuntut setiap perusahaan untuk dapat
meningkatkan kualitas pelayanan yang nantinya akan menunjang terwujudnya
kepuasan konsumen/pelanggan (Consumer Satisfaction). Konsep penilaian atau
pengukuran kualitas pelayanan yang pernah dikembangkan oleh Parasuraman
yang dikenal dengan Service Quality (SERVQUAL), terdiri dari lima dimensi
yaitu Responsive (ketanggapan), Tangible (tampilan fisik), Reliability
(kehandalan), Assurance (jaminan) dan Emphaty (perhatian).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan/konsumen PT. Adira Dinamika Multi
Finance dan dimensi servqual yang berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan pelanggan/konsumen. Alat analisa yang digunakan penelitian ini adalah
Uji validitas, Uji Reliabilitas dan Analisa Gap. Hipotesa yang diajukan dalam
penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari lima dimensi kualitas
pelayanan (Responsive, Tangible, Reliability, Assurance, Emphaty) terhadap
kepuasan konsumen PT. Adira Dinamika Multi Finance. Populasi penelitian ini
adalah seluruh konsumen dengan sampel adalah 50 konsumen/responden dengan
tehnik pengambilan sampel menggunakan confinience sampling.
Berdasarkan hasil program komputer Statistik Pages for Service Solution
(SPSS) versi 1.0, Uji Validitas menunjukkkan bahwa secara bersama-sama
variabel dimensi kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan dan
skor item dalam variabel mempunyai korelasi positif dengan total skor item yaitu
diatas 0,279 berarti 100% butir untuk variabel dapat dipakai atau layak untuk
diteliti. Untuk Uji Reliabilitas; 0,8092 (Responsive), 0,7718 (Tangible), 0,7482
(Reliability), 0,7124 (Assurance), 0,8182 (Emphaty), artinya Reliabel/ Andal
karena melebihi nilai kritis lebih besar 0,50 yang ditetapkan oleh Nunnally.
Berdasarkan analisa Gap dapat diketahui dimensi Responsive sebesar -
0,248, Tangible sebesar -0,391, Reliability sebesar -0,382, Assurance sebesar -
0,653 dan Emphaty sebesar -0,433 tersebut berarti harapan konsumen terhadap
kualitas pelayanan yang diharapkan dari pihak PT. Adira Dinamika Multi Finance
lebih besar dibandingkan dengan pelayanan yang diterima oleh konsumen selama
ini. Dengan kata lain pelayanan yang diberikan PT. Adira Dinamika Multi
Finance lebih rendah dari apa yang diharapkan konsumennya.
|
---|