STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)

Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung pada bentuk aljabar yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan penilaia...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: PRASETYONO, EKO
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2007
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/10717/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
_version_ 1804995147767742464
author PRASETYONO, EKO
author_facet PRASETYONO, EKO
author_sort PRASETYONO, EKO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung pada bentuk aljabar yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, sedangkan sampelnya berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelompok kontrol dan 40 siswa sebagai kelompok eksperimen. Kemudian diuji keseimbangannya melalui uji t dengan menggunakan nilai ulangan setelah diketahui seimbang dilakukan pembelajaran pada kedua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan t tes. Berdasarkan perhitungan t tes dengan taraf signifikansi α = 5% diperoleh thitung = 2,030 sedangkan ttabel = 1,991. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif dengan penilaian portofolio dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelompok eksperimen = 6,108 dan kelompok kontrol = 5,688, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini memberikan implikasi bahwa metode pembelajaran kooperatif.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10717
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10717 https://eprints.ums.ac.id/10717/ STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta) PRASETYONO, EKO LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio terhadap prestasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung pada bentuk aljabar yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan penilaian portofolio lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, sedangkan sampelnya berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelompok kontrol dan 40 siswa sebagai kelompok eksperimen. Kemudian diuji keseimbangannya melalui uji t dengan menggunakan nilai ulangan setelah diketahui seimbang dilakukan pembelajaran pada kedua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan t tes. Berdasarkan perhitungan t tes dengan taraf signifikansi α = 5% diperoleh thitung = 2,030 sedangkan ttabel = 1,991. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif dengan penilaian portofolio dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelompok eksperimen = 6,108 dan kelompok kontrol = 5,688, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini memberikan implikasi bahwa metode pembelajaran kooperatif. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10717/1/A._Pendahuluan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10717/3/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10717/6/BAB_II_dan_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10717/10/Bab_IV_-_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10717/11/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10717/15/Lampiran.pdf PRASETYONO, EKO (2007) STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410010077
spellingShingle LB Theory and practice of education
PRASETYONO, EKO
STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)
title STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)
title_full STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)
title_fullStr STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)
title_full_unstemmed STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)
title_short STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)
title_sort studi komparatif pembelajaran kooperatif melalui penilaian portofolio dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa smp muhammadiyah 10 surakarta
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10717/
work_keys_str_mv AT prasetyonoeko studikomparatifpembelajarankooperatifmelaluipenilaianportofoliodenganpembelajarankonvensionalterhadapprestasibelajarmatematikasiswasmpmuhammadiyah10surakarta