PENGARUH MINAT DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 ANDONG TAHUN AJARAN 2006/2007
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh minat terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong; 2) untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong.; dan 3) untuk mengetahui pengaruh minat dan dukungan kelu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10716/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh minat terhadap prestasi
belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong; 2) untuk mengetahui pengaruh
dukungan keluarga terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1
Andong.; dan 3) untuk mengetahui pengaruh minat dan dukungan keluarga terhadap
prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan variabel
independen adalah minat (X1) dan dukungan keluarga (X2) serta sebagai variabel
dependen (Y) adala h prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong sebanyak 198 siswa,
dengan menggunakan sampel sebanyak 50 orang siswa Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik rando m sampling, dengan cara undian. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji
prasyarat analisis yang digunakan antara lain uji linieritas, dan normalitas. Analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t dan sumbangan
relatif (SR)serta sumbangan efektif (SE).
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa: 1)
minat dan dukungan keluarga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong, terbukti dari hasil analisis
nilai Fhitung (5,405) > Ftabel (3,20).; 2) secara parsial minat siswa memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1
Andong, terbukti dari hasil analisis nilai thitung (2,349) > ttabel (1,960).; 3) secara parsial
dukungan keluarga siswa juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong, terbukti dari hasil
analisis diperoleh nilai thitung (2,095) > ttabel (1,960).; 4) minat dan dukungan keluarga
memberikan konstribusi efektif hanya sebesar 18,72% terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Andong, sedangkan sisanya sebesar 81,28%
dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor fisiologi dan psikologis dari siswa, faktor
lingkungan sosial sekolah, masyarakat, budaya, lingkungan spriritual, serta
lingkungan fisik, dan lain -lain. |
---|