ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN

Penelitian ini mengambil judul “Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Sepeda Motor Dayang di Kabupaten Klaten”. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keinginan dari pengusaha untuk mengetahui informasi dari konsumen terhadap produk dan jasa yang mereka jual. Informasi ini diperlukan untuk m...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: HASTUTI, RATIH SRI
Formaat: Thesis
Taal:English
English
English
English
Gepubliceerd in: 2006
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/10715/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
_version_ 1804995147223531520
author HASTUTI, RATIH SRI
author_facet HASTUTI, RATIH SRI
author_sort HASTUTI, RATIH SRI
collection ePrints
description Penelitian ini mengambil judul “Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Sepeda Motor Dayang di Kabupaten Klaten”. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keinginan dari pengusaha untuk mengetahui informasi dari konsumen terhadap produk dan jasa yang mereka jual. Informasi ini diperlukan untuk menyusun sebuah konsep pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di Kabupaten Klaten, beserta faktorfaktor dan variabel yang mempengaruhinya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1. Variabel yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di wilayah Kabupaten Klaten adalah variabel sikap. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi variabel sikap dan norma subyektif sepeda motor Dayang dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di Kabupaten Klaten adalah faktor evaluasi dan keyakinan membeli. Hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan model sikap Fishbein menunjukkan bahwa perilaku konsumen adalah positif dengan nilai 6,752. Analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa variabel sikap adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap perilaku konsumen dengan nilai Z hitung variabel sikap -4,527 (nilai mutlak), nilai Z hitung variabel norma subyektif -2,325 (nilai mutlak) dan nilai Z tabel = -1,655 (nilai mutlak). Analisis data dengan uji Rank Spearman menunjukkan bahwa evaluasi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap variabel sikap dengan nilai ρ hitung keyakinan membeli = 0,934, dan nilai ρ hitung evaluasi = 0,926 dan ρ standar = 0,5. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah : 1. Variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen adalah variabel sikap. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi variabel sikap dan norma subyektif adalah evaluasi dan keyakinan membeli. Kesimpulan di atas akhirnya dapat diimplikasikan sebagai berikut: 1. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen, PT. Dayang Motor perlu melakukan pelayanan pra penjualan dan purna penjualan dengan baik. 2. Promosi hendaknya dilakukan langsung kepada konsumen. 3. Penampilan kualitas sepeda motor Dayang harus terus ditingkatkan begitu juga dengan pelayanan konsumen oleh sepeda motor Dayang Indonesia.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10715
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10715 https://eprints.ums.ac.id/10715/ ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN HASTUTI, RATIH SRI HD28 Management Penelitian ini mengambil judul “Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Sepeda Motor Dayang di Kabupaten Klaten”. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keinginan dari pengusaha untuk mengetahui informasi dari konsumen terhadap produk dan jasa yang mereka jual. Informasi ini diperlukan untuk menyusun sebuah konsep pemasaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di Kabupaten Klaten, beserta faktorfaktor dan variabel yang mempengaruhinya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1. Variabel yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di wilayah Kabupaten Klaten adalah variabel sikap. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi variabel sikap dan norma subyektif sepeda motor Dayang dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di Kabupaten Klaten adalah faktor evaluasi dan keyakinan membeli. Hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan model sikap Fishbein menunjukkan bahwa perilaku konsumen adalah positif dengan nilai 6,752. Analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa variabel sikap adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap perilaku konsumen dengan nilai Z hitung variabel sikap -4,527 (nilai mutlak), nilai Z hitung variabel norma subyektif -2,325 (nilai mutlak) dan nilai Z tabel = -1,655 (nilai mutlak). Analisis data dengan uji Rank Spearman menunjukkan bahwa evaluasi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap variabel sikap dengan nilai ρ hitung keyakinan membeli = 0,934, dan nilai ρ hitung evaluasi = 0,926 dan ρ standar = 0,5. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah : 1. Variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen adalah variabel sikap. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi variabel sikap dan norma subyektif adalah evaluasi dan keyakinan membeli. Kesimpulan di atas akhirnya dapat diimplikasikan sebagai berikut: 1. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen, PT. Dayang Motor perlu melakukan pelayanan pra penjualan dan purna penjualan dengan baik. 2. Promosi hendaknya dilakukan langsung kepada konsumen. 3. Penampilan kualitas sepeda motor Dayang harus terus ditingkatkan begitu juga dengan pelayanan konsumen oleh sepeda motor Dayang Indonesia. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10715/1/_COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10715/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10715/6/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10715/10/Bab_K.pdf HASTUTI, RATIH SRI (2006) ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100020374
spellingShingle HD28 Management
HASTUTI, RATIH SRI
ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN
title ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN
title_full ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN
title_fullStr ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN
title_full_unstemmed ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN
title_short ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN
title_sort analisis sikap dan perilaku konsumen sepeda motor dayang di kabupaten klaten
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/10715/
work_keys_str_mv AT hastutiratihsri analisissikapdanperilakukonsumensepedamotordayangdikabupatenklaten