ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN SEPEDA MOTOR DAYANG DI KABUPATEN KLATEN
Penelitian ini mengambil judul “Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen Sepeda Motor Dayang di Kabupaten Klaten”. Latar belakang penelitian ini adalah adanya keinginan dari pengusaha untuk mengetahui informasi dari konsumen terhadap produk dan jasa yang mereka jual. Informasi ini diperlukan untuk m...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English |
Хэвлэсэн: |
2006
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/10715/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Penelitian ini mengambil judul “Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen
Sepeda Motor Dayang di Kabupaten Klaten”.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya keinginan dari pengusaha untuk
mengetahui informasi dari konsumen terhadap produk dan jasa yang mereka jual.
Informasi ini diperlukan untuk menyusun sebuah konsep pemasaran yang tepat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen dalam
melakukan pembelian sepeda motor Dayang di Kabupaten Klaten, beserta faktorfaktor
dan variabel yang mempengaruhinya.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:
1. Variabel yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan
pembelian sepeda motor Dayang di wilayah Kabupaten Klaten adalah variabel
sikap.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi variabel sikap dan norma subyektif sepeda
motor Dayang dalam melakukan pembelian sepeda motor Dayang di Kabupaten
Klaten adalah faktor evaluasi dan keyakinan membeli.
Hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan model sikap Fishbein
menunjukkan bahwa perilaku konsumen adalah positif dengan nilai 6,752. Analisis
data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa variabel sikap adalah variabel yang
paling berpengaruh terhadap perilaku konsumen dengan nilai Z hitung variabel sikap
-4,527 (nilai mutlak), nilai Z hitung variabel norma subyektif -2,325 (nilai mutlak)
dan nilai Z tabel = -1,655 (nilai mutlak). Analisis data dengan uji Rank Spearman
menunjukkan bahwa evaluasi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap
variabel sikap dengan nilai ρ hitung keyakinan membeli = 0,934, dan nilai ρ hitung
evaluasi = 0,926 dan ρ standar = 0,5.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah :
1. Variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen adalah variabel
sikap.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi variabel sikap dan norma subyektif adalah
evaluasi dan keyakinan membeli.
Kesimpulan di atas akhirnya dapat diimplikasikan sebagai berikut:
1. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen, PT. Dayang
Motor perlu melakukan pelayanan pra penjualan dan purna penjualan dengan
baik.
2. Promosi hendaknya dilakukan langsung kepada konsumen.
3. Penampilan kualitas sepeda motor Dayang harus terus ditingkatkan begitu juga
dengan pelayanan konsumen oleh sepeda motor Dayang Indonesia. |
---|