ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN MEUBEL JATI MUTU FURNITURE POLOKARTO SUKOHARJO

Kualitas produk dipandang sangat perlu dan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam memikat konsumen untuk melakukan pembeliaan sekaligus memuaskan konsumen. Pelanggan yang merasa puas akan melakukan pembelian ulang dan mereka akan memberikan informasi kepada ora...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: HARTANTO, EKO
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10713/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Kualitas produk dipandang sangat perlu dan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam memikat konsumen untuk melakukan pembeliaan sekaligus memuaskan konsumen. Pelanggan yang merasa puas akan melakukan pembelian ulang dan mereka akan memberikan informasi kepada orang lain tentang pengalamannya terhadap produk yang baru dikonsumsi. Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini antara lain: 1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas produk (Durability, Performance, Conformace to Specification, Aesthetics) secara individu terhadap tingkat kepuasan konsumen dan 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas produk (Durability, Performance, Conformace to Specification, Aesthetics) secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini diajukan hipotesis sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh variabel independent durability terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen); 2) terdapat pengaruh variabel independent performance terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen); 3) terdapat pengaruh variabel independent conformance to specifications terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen) dan 4) terdapat pengaruh variabel independent aesthetics terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen). Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan uji Regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regresi linier menunjukkan harga untuk estimasi regresi: Y = 0,097 + 0,625X1 + 0,501X2 + 0,447X3 + 0,486X4 Koefisien regresi tersebut menunjukkan bahwa daya tahan (durability) menunjukkan nilai koefisien terbesar 0,625 berarti daya tahan merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Sedangkan hasil pengujian uji t menunjukkan bahwa ke empat variabel independen berpengaruh secara positip dan signifikan terhadap variabel dependen. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh variabel durability, variabel performance, variabel conformance to specifications dan variabel aesthetics terhadap variabel kepuasan konsumen terbukti. Hasil uji F menunjukkan sebesar 152,331. Dengan demikian F-hitung > Ftabel pada taraf signifikansi 0,05. F-tabel=2,57. Sehingga hipotesis yang menunjukkan bahwa secara serentak variabel independen berpengaruh secara positip dan signifikan terhadap variabel dependen terbukti. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh yang dapat dijelaskan sebesar 0,931. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa sebesar 93,1% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel di dalam model. Sedangkan sisanya sebesar 6,9% dipengaruhi variabel lain di luar model.