ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN MEUBEL JATI MUTU FURNITURE POLOKARTO SUKOHARJO
Kualitas produk dipandang sangat perlu dan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam memikat konsumen untuk melakukan pembeliaan sekaligus memuaskan konsumen. Pelanggan yang merasa puas akan melakukan pembelian ulang dan mereka akan memberikan informasi kepada ora...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10713/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kualitas produk dipandang sangat perlu dan merupakan salah satu faktor
yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam memikat konsumen untuk
melakukan pembeliaan sekaligus memuaskan konsumen. Pelanggan yang merasa
puas akan melakukan pembelian ulang dan mereka akan memberikan informasi
kepada orang lain tentang pengalamannya terhadap produk yang baru dikonsumsi.
Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini antara lain: 1)
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas produk (Durability,
Performance, Conformace to Specification, Aesthetics) secara individu terhadap
tingkat kepuasan konsumen dan 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
dimensi kualitas produk (Durability, Performance, Conformace to Specification,
Aesthetics) secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan konsumen.
Dalam penelitian ini diajukan hipotesis sebagai berikut: 1) terdapat
pengaruh variabel independent durability terhadap variabel dependent (kepuasan
konsumen); 2) terdapat pengaruh variabel independent performance terhadap
variabel dependent (kepuasan konsumen); 3) terdapat pengaruh variabel
independent conformance to specifications terhadap variabel dependent (kepuasan
konsumen) dan 4) terdapat pengaruh variabel independent aesthetics terhadap
variabel dependent (kepuasan konsumen). Metode penelitian yang digunakan
dengan menggunakan uji Regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien
determinasi (R2).
Hasil analisis regresi linier menunjukkan harga untuk estimasi regresi:
Y = 0,097 + 0,625X1 + 0,501X2 + 0,447X3 + 0,486X4
Koefisien regresi tersebut menunjukkan bahwa daya tahan (durability)
menunjukkan nilai koefisien terbesar 0,625 berarti daya tahan merupakan variabel
yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Sedangkan hasil
pengujian uji t menunjukkan bahwa ke empat variabel independen berpengaruh
secara positip dan signifikan terhadap variabel dependen. Sehingga hipotesis yang
menyatakan terdapat pengaruh variabel durability, variabel performance, variabel
conformance to specifications dan variabel aesthetics terhadap variabel kepuasan
konsumen terbukti.
Hasil uji F menunjukkan sebesar 152,331. Dengan demikian F-hitung > Ftabel
pada taraf signifikansi 0,05. F-tabel=2,57. Sehingga hipotesis yang
menunjukkan bahwa secara serentak variabel independen berpengaruh secara
positip dan signifikan terhadap variabel dependen terbukti. Koefisien determinasi
(R2) menunjukkan faktor-faktor yang berpengaruh yang dapat dijelaskan sebesar
0,931. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa sebesar 93,1% kepuasan
konsumen dipengaruhi oleh variabel di dalam model. Sedangkan sisanya sebesar
6,9% dipengaruhi variabel lain di luar model.
|
---|