PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (3) pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kela...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: RAHMAWATI, LIA
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10710/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
_version_ 1804995145863528448
author RAHMAWATI, LIA
author_facet RAHMAWATI, LIA
author_sort RAHMAWATI, LIA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (3) pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian termasuk jenis penelitian asosiatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, regresi sederhana dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien variabel motivasi berprestasi sebesar 0,126 dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Variabel motivasi berprestasi memberikan kontribusi sebesar 34,3% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien variabel kemandirian belajar sebesar 0,116 dengan pvalue = 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Variabel kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 20,8% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (3) Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Kontribusi variabel motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 55,1%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10710
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10710 https://eprints.ums.ac.id/10710/ PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA RAHMAWATI, LIA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (3) pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian termasuk jenis penelitian asosiatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, regresi sederhana dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien variabel motivasi berprestasi sebesar 0,126 dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Variabel motivasi berprestasi memberikan kontribusi sebesar 34,3% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien variabel kemandirian belajar sebesar 0,116 dengan pvalue = 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Variabel kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 20,8% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (3) Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Kontribusi variabel motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 55,1%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10710/1/HAL_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10710/10/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10710/7/A210020153.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10710/4/DAFTAR_PUSTAKA.pdf RAHMAWATI, LIA (2007) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210020153
spellingShingle L Education (General)
RAHMAWATI, LIA
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA
title PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA
title_full PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA
title_fullStr PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA
title_full_unstemmed PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA
title_short PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA
title_sort pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa siswi kelas ii smk batik 1 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10710/
work_keys_str_mv AT rahmawatilia pengaruhmotivasiberprestasidankemandirianbelajarterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswasiswikelasiismkbatik1surakarta