PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA/SISWI KELAS II SMK BATIK 1 SURAKARTA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. (3) pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kela...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10710/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi
berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi. (2) pengaruh kemandirian belajar
terhadap prestasi belajar akuntansi. (3) pengaruh motivasi berprestasi dan
kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK
Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006.
Penelitian termasuk jenis penelitian asosiatif dengan melakukan pengujian
hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran
2005/2006. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan
teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang
sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, regresi sederhana dan
sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi berprestasi berpengaruh
positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta
tahun pelajaran 2005/2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai koefisien variabel
motivasi berprestasi sebesar 0,126 dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf
signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak. Variabel motivasi berprestasi
memberikan kontribusi sebesar 34,3% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (2)
Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa
kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hasil analisis regresi
memperoleh nilai koefisien variabel kemandirian belajar sebesar 0,116 dengan pvalue
= 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak.
Variabel kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 20,8% terhadap prestasi
belajar akuntansi siswa. (3) Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar siswa
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1
Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F dengan
p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05), sehingga Ho ditolak.
Kontribusi variabel motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi
belajar akuntansi adalah sebesar 55,1%. |
---|