IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS ( Siswa kelas VI SDN II Jatisari Jatisrono Wonogiri

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalil Pythagoras pada siswa kelas VI SD Negeri II Jatisari Jatisrono Wonogiri, 2) mengetahui di mana letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalil Pythagoras ditinjau dari kesalahan memahami soal,...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: PURI, PUPUT SUMARTA
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2007
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/10702/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalil Pythagoras pada siswa kelas VI SD Negeri II Jatisari Jatisrono Wonogiri, 2) mengetahui di mana letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalil Pythagoras ditinjau dari kesalahan memahami soal, mengaplikasikan rumus dan penghitungan, 3) mengetahui berapa persen kesalahan dalam mengerjakan soal-soal dalil Pythagoras sehingga dapat diketahui jenis kesalahan yang dominan. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa, karena penelitian ini merupakan analisis kualitatif maka tidak menggunakan populasi dan sampel tetapi yang digunakan adalah subyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Tes berupa soal-soal dalil Pythagoras yang dipadu dengan mencari keliling dan luas bangun datar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non statistik dengan persen. Setelah melakukan penghitungan terhadap data yang diperoleh, maka didapat persen tiap kesalahan yaitu kesalahan memahami soal dengan tingkatan cukup sebanyak 42%, kesalahan mengaplikasi rumus dengan tingkatan rendah sebanyak 31% dan kesalahan penghitungan dengan tingkatan tinggi sebanyak 61%. Sehingga di peroleh kesimpulan bahwa kesalahan siswa yang paling dominan adalah kesalahan siswa dalam penghitungan.