IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS ( Siswa kelas VI SDN II Jatisari Jatisrono Wonogiri

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalil Pythagoras pada siswa kelas VI SD Negeri II Jatisari Jatisrono Wonogiri, 2) mengetahui di mana letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalil Pythagoras ditinjau dari kesalahan memahami soal,...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: PURI, PUPUT SUMARTA
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/10702/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalil Pythagoras pada siswa kelas VI SD Negeri II Jatisari Jatisrono Wonogiri, 2) mengetahui di mana letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dalil Pythagoras ditinjau dari kesalahan memahami soal, mengaplikasikan rumus dan penghitungan, 3) mengetahui berapa persen kesalahan dalam mengerjakan soal-soal dalil Pythagoras sehingga dapat diketahui jenis kesalahan yang dominan. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa, karena penelitian ini merupakan analisis kualitatif maka tidak menggunakan populasi dan sampel tetapi yang digunakan adalah subyek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Tes berupa soal-soal dalil Pythagoras yang dipadu dengan mencari keliling dan luas bangun datar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non statistik dengan persen. Setelah melakukan penghitungan terhadap data yang diperoleh, maka didapat persen tiap kesalahan yaitu kesalahan memahami soal dengan tingkatan cukup sebanyak 42%, kesalahan mengaplikasi rumus dengan tingkatan rendah sebanyak 31% dan kesalahan penghitungan dengan tingkatan tinggi sebanyak 61%. Sehingga di peroleh kesimpulan bahwa kesalahan siswa yang paling dominan adalah kesalahan siswa dalam penghitungan.