ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT Pabelan Surakarta” yang bertujuan untuk mengetahui apakah periklanan, promosi, personal selling dan publisitas secara signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan. Metode analisis yang digunakan dala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: UTOMO, RISWANTO MULYO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10692/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995140907958272
author UTOMO, RISWANTO MULYO
author_facet UTOMO, RISWANTO MULYO
author_sort UTOMO, RISWANTO MULYO
collection ePrints
description Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT Pabelan Surakarta” yang bertujuan untuk mengetahui apakah periklanan, promosi, personal selling dan publisitas secara signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda dengan menggunakan data yang diperoleh dari PT. Pabelan Surakarta. Data yang diperoleh di estimasi menjadi valid, maka dilakukan pengujian statistik yang meliputi uji regresi linier berganda, uji F, uji t dan R2 (koefisien determinasi). Variabel-variabel yang mempengaruhi periklanan, promosi, personal selling dan publisitas adalah berpengaruh positif terhadap volume penjualan pada α = 5%. Dari hasil analisis regresinya diperoleh persamaan Y = -785533 + 0.115X1 + 0.675X2 + 0.128X3 - 0.137X4. Dari uji t-test, untuk variabel periklanan diperoleh dari t hitung = 2,443 > t tabel = 2.160, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara biaya periklanan terhadap volume penjualan, variabel promosi penjualan diperoleh hasil dari t hitung = 3,024 > t tabel = 2.160, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara biaya personal selling terhadap volume penjualan, variabel personal selling diperoleh hasil dari t hitung = 2,416 > t tabel = 2.160, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan, variabel publisitas diperoleh hasil dari t hitung = -1,005 < -t tabel = 2.160, menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan antara biaya publisitas terhadap volume penjualan. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,985 atau sebesar 98,5%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 1,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel tersebut. Dengan menggunakan derajat keyakinan 95%, maka diperoleh nilai F tabel sebesar 3,41. Sedangkan nilai F hitung diketahui sebesar 207,337. Tampak nilai F-hitung (207,337) lebih besar dari F-tabel (3,41). Oleh karena itu nilai F-hitung lebih besar dari nilai F tabel, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel independen yang terdiri dari periklanan, promosi, personal selling dan publisitas berpengaruh terhadap volume penjualan di PT. Pabelan. Dengan hasil tersebut, maka penelitian ini cukup baik digunakan dan dipergunakan untuk penelitian berikutnya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10692
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10692 https://eprints.ums.ac.id/10692/ ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA UTOMO, RISWANTO MULYO HD28 Management Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT Pabelan Surakarta” yang bertujuan untuk mengetahui apakah periklanan, promosi, personal selling dan publisitas secara signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda dengan menggunakan data yang diperoleh dari PT. Pabelan Surakarta. Data yang diperoleh di estimasi menjadi valid, maka dilakukan pengujian statistik yang meliputi uji regresi linier berganda, uji F, uji t dan R2 (koefisien determinasi). Variabel-variabel yang mempengaruhi periklanan, promosi, personal selling dan publisitas adalah berpengaruh positif terhadap volume penjualan pada α = 5%. Dari hasil analisis regresinya diperoleh persamaan Y = -785533 + 0.115X1 + 0.675X2 + 0.128X3 - 0.137X4. Dari uji t-test, untuk variabel periklanan diperoleh dari t hitung = 2,443 > t tabel = 2.160, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara biaya periklanan terhadap volume penjualan, variabel promosi penjualan diperoleh hasil dari t hitung = 3,024 > t tabel = 2.160, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara biaya personal selling terhadap volume penjualan, variabel personal selling diperoleh hasil dari t hitung = 2,416 > t tabel = 2.160, menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan, variabel publisitas diperoleh hasil dari t hitung = -1,005 < -t tabel = 2.160, menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan antara biaya publisitas terhadap volume penjualan. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,985 atau sebesar 98,5%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 1,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel tersebut. Dengan menggunakan derajat keyakinan 95%, maka diperoleh nilai F tabel sebesar 3,41. Sedangkan nilai F hitung diketahui sebesar 207,337. Tampak nilai F-hitung (207,337) lebih besar dari F-tabel (3,41). Oleh karena itu nilai F-hitung lebih besar dari nilai F tabel, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel independen yang terdiri dari periklanan, promosi, personal selling dan publisitas berpengaruh terhadap volume penjualan di PT. Pabelan. Dengan hasil tersebut, maka penelitian ini cukup baik digunakan dan dipergunakan untuk penelitian berikutnya. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10692/1/00.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10692/2/01.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10692/7/dafpus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10692/9/Bab_K.pdf UTOMO, RISWANTO MULYO (2007) ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100020402
spellingShingle HD28 Management
UTOMO, RISWANTO MULYO
ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA
title ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA
title_full ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA
title_fullStr ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA
title_short ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT PABELAN SURAKARTA
title_sort analisis pengaruh promotional mix terhadap volume penjualan pada pt pabelan surakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/10692/
work_keys_str_mv AT utomoriswantomulyo analisispengaruhpromotionalmixterhadapvolumepenjualanpadaptpabelansurakarta