PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10689/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995140097409024 |
---|---|
author | Ningsih, Efi Istia |
author_facet | Ningsih, Efi Istia |
author_sort | Ningsih, Efi Istia |
collection | ePrints |
description | Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran
2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA
dan ID diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika pada pokok
bahasan segitiga. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama
siswa dan nilai mid semester genap yang digunakan untuk uji keseimbangan
antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji keseimbangan menggunakan uji F,
dengan taraf signifikansi 5 % diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol
mempunyai kemampuan awal yang sama atau seimbang dengan Fhitung = 1,1412 .
Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat
analisis yang meliputi metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Barlett
untuk uji homogenitas, setelah uji prasyarat analisis dipenuhi, dilakukan
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan
taraf signifikansi 5% diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran
terbimbing dan metode bermain terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung =
2,108. Karena thitung = 2,108 > ttabel = 1,991 maka Ho ditolak. Sehingga dapat
dikatakan model pembelajaran terbimbing dengan metode bermain lebih baik dari
model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Pengaruh, Pembelajaran - Terbimbing, Metode – Bermain, Prestasi -
Belajar. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10689 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10689 https://eprints.ums.ac.id/10689/ PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA Ningsih, Efi Istia L Education (General) LB Theory and practice of education Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA dan ID diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segitiga. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai mid semester genap yang digunakan untuk uji keseimbangan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji keseimbangan menggunakan uji F, dengan taraf signifikansi 5 % diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama atau seimbang dengan Fhitung = 1,1412 . Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Barlett untuk uji homogenitas, setelah uji prasyarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran terbimbing dan metode bermain terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 2,108. Karena thitung = 2,108 > ttabel = 1,991 maka Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran terbimbing dengan metode bermain lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Pengaruh, Pembelajaran - Terbimbing, Metode – Bermain, Prestasi - Belajar. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10689/1/cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10689/4/bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10689/8/bab_2_-_5.pdf Ningsih, Efi Istia (2007) PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410030001 |
spellingShingle | L Education (General) LB Theory and practice of education Ningsih, Efi Istia PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA |
title | PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA |
title_full | PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA |
title_fullStr | PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA |
title_full_unstemmed | PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA |
title_short | PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA |
title_sort | pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar matematika siswa |
topic | L Education (General) LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/10689/ |
work_keys_str_mv | AT ningsihefiistia pengaruhpembelajaranterbimbingdenganmetodebermainterhadapprestasibelajarmatematikasiswa |