PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ningsih, Efi Istia
Format: Thesis
Language:English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10689/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995140097409024
author Ningsih, Efi Istia
author_facet Ningsih, Efi Istia
author_sort Ningsih, Efi Istia
collection ePrints
description Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA dan ID diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segitiga. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai mid semester genap yang digunakan untuk uji keseimbangan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji keseimbangan menggunakan uji F, dengan taraf signifikansi 5 % diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama atau seimbang dengan Fhitung = 1,1412 . Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Barlett untuk uji homogenitas, setelah uji prasyarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran terbimbing dan metode bermain terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 2,108. Karena thitung = 2,108 > ttabel = 1,991 maka Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran terbimbing dengan metode bermain lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Pengaruh, Pembelajaran - Terbimbing, Metode – Bermain, Prestasi - Belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10689
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10689 https://eprints.ums.ac.id/10689/ PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA Ningsih, Efi Istia L Education (General) LB Theory and practice of education Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas I SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2006/2007, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu IA dan ID diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segitiga. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai mid semester genap yang digunakan untuk uji keseimbangan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji keseimbangan menggunakan uji F, dengan taraf signifikansi 5 % diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama atau seimbang dengan Fhitung = 1,1412 . Teknik analisis data menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Barlett untuk uji homogenitas, setelah uji prasyarat analisis dipenuhi, dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran terbimbing dan metode bermain terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 2,108. Karena thitung = 2,108 > ttabel = 1,991 maka Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran terbimbing dengan metode bermain lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Pengaruh, Pembelajaran - Terbimbing, Metode – Bermain, Prestasi - Belajar. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10689/1/cover.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10689/4/bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10689/8/bab_2_-_5.pdf Ningsih, Efi Istia (2007) PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410030001
spellingShingle L Education (General)
LB Theory and practice of education
Ningsih, Efi Istia
PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_full PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_fullStr PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_full_unstemmed PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_short PENGARUH PEMBELAJARAN TERBIMBING DENGAN METODE BERMAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_sort pengaruh pembelajaran terbimbing dengan metode bermain terhadap prestasi belajar matematika siswa
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10689/
work_keys_str_mv AT ningsihefiistia pengaruhpembelajaranterbimbingdenganmetodebermainterhadapprestasibelajarmatematikasiswa