HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 2) Untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP M...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WULANDARI, DIANA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10686/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995139558440960
author WULANDARI, DIANA
author_facet WULANDARI, DIANA
author_sort WULANDARI, DIANA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 2) Untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. 3) Untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 4) Untuk mendeskripsikan pola hubungan antara minat baca dan penguasaan kosa kata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa Kelas IX SMP MIS Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data minat baca, sedangkan metode tes dipakai untuk memperoleh data penguasaan kosakata dan kemampuan memahami bacaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan rumus uji F dan uji t, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, dan uji independensi. Setelah dilakukan uji prasyarat tidak ada permasalahan, kemudian dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007, maka dapat dinyatakan bahwa regresi tersebut benar-benar positif dan sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak. Ini berarti minat baca dan penguasaan kosakata dapat dijadikan prediktor dalam meningkatkan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 2) Ada hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat minat baca akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 3) Ada hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat penguasaan kosakata akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10686
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10686 https://eprints.ums.ac.id/10686/ HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA WULANDARI, DIANA L Education (General) Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 2) Untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. 3) Untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 4) Untuk mendeskripsikan pola hubungan antara minat baca dan penguasaan kosa kata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa Kelas IX SMP MIS Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data minat baca, sedangkan metode tes dipakai untuk memperoleh data penguasaan kosakata dan kemampuan memahami bacaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan rumus uji F dan uji t, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, dan uji independensi. Setelah dilakukan uji prasyarat tidak ada permasalahan, kemudian dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007, maka dapat dinyatakan bahwa regresi tersebut benar-benar positif dan sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak. Ini berarti minat baca dan penguasaan kosakata dapat dijadikan prediktor dalam meningkatkan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 2) Ada hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat minat baca akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 3) Ada hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat penguasaan kosakata akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10686/1/DIANA_COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10686/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10686/7/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10686/8/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10686/14/DIANA_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10686/15/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10686/16/DIANA_LAMPIRAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10686/23/lamp.pdf WULANDARI, DIANA (2007) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310990078
spellingShingle L Education (General)
WULANDARI, DIANA
HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA
title HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA
title_full HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA
title_short HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA
title_sort hubungan antara minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas ix smp tahun pelajaran 2006 2007 di smp modern islamic school surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10686/
work_keys_str_mv AT wulandaridiana hubunganantaraminatbacadanpenguasaankosakatadengankemampuanmemahamibacaanpesertadidikkelasixsmptahunpelajaran20062007dismpmodernislamicschoolsurakarta