HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 2) Untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP M...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WULANDARI, DIANA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10686/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 2) Untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. 3) Untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 4) Untuk mendeskripsikan pola hubungan antara minat baca dan penguasaan kosa kata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa Kelas IX SMP MIS Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data minat baca, sedangkan metode tes dipakai untuk memperoleh data penguasaan kosakata dan kemampuan memahami bacaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan rumus uji F dan uji t, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, dan uji independensi. Setelah dilakukan uji prasyarat tidak ada permasalahan, kemudian dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007, maka dapat dinyatakan bahwa regresi tersebut benar-benar positif dan sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak. Ini berarti minat baca dan penguasaan kosakata dapat dijadikan prediktor dalam meningkatkan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 2) Ada hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat minat baca akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 3) Ada hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat penguasaan kosakata akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta.