HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2006/2007 DI SMP MODERN ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 2) Untuk mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP M...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10686/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan
penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX
SMP MIS Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 2) Untuk mengetahui hubungan
minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP
MIS Tahun Pelajaran 2006/2007. 3) Untuk mengetahui hubungan penguasaan
kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS
Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. 4) Untuk mendeskripsikan pola hubungan
antara minat baca dan penguasaan kosa kata dengan kemampuan memahami
bacaan peserta didik kelas IX SMP MIS Tahun Pelajaran 2006/2007.
Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan
adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa Kelas IX SMP
MIS Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk
mengumpulkan data minat baca, sedangkan metode tes dipakai untuk memperoleh
data penguasaan kosakata dan kemampuan memahami bacaan.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan rumus
uji F dan uji t, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas,
linieritas, dan uji independensi. Setelah dilakukan uji prasyarat tidak ada
permasalahan, kemudian dianalisis dengan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan minat baca dan
penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX
SMP Modern Islamic School Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007, maka dapat
dinyatakan bahwa regresi tersebut benar-benar positif dan sangat signifikan.
Dengan demikian hipotesis nihil ditolak. Ini berarti minat baca dan penguasaan
kosakata dapat dijadikan prediktor dalam meningkatkan kemampuan memahami
bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 2) Ada
hubungan minat baca dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX
SMP Modern Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat minat baca
akan semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas
IX SMP Modern Islamic School Surakarta. 3) Ada hubungan penguasaan kosakata
dengan kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX SMP Modern
Islamic School Surakarta, maka semakin tinggi tingkat penguasaan kosakata akan
semakin meningkat pula kemampuan memahami bacaan peserta didik kelas IX
SMP Modern Islamic School Surakarta. |
---|