PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap prestasi belajar ekonomi, mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta tahun pelaj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WULANSARI , IDA
Format: Thesis
Language:English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10685/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995139285811200
author WULANSARI , IDA
author_facet WULANSARI , IDA
author_sort WULANSARI , IDA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap prestasi belajar ekonomi, mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Penelitian mengambil lokasi di MAN 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPS MAN 1 Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik cluster random sampling. Data yang digunakan diperoleh melalui angket. Angket yang digunakan sebelumnya diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasarat analisis normalitas dan linieritas kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa tipe kepribadian dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi persamaan regresi : Y = 39,334 + 0,481 x1 + 0,293 x2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 18,387 > 4,21 ( pada taraf signifikansi 5 %) berarti antara tipe kepribadian dan kretivitas siswa secara bersama-sama berpengruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Uji t untuk variabel tipe kepribadian diperoleh thitung > ttabel atau 4,124 > 2,041( pada taraf signifikansi 5 %) dan untuk variabel kreativitas siswa diperoleh thitung > ttabel 2,122 > 2,041 (pada taraf signifikansi 5 %), dari kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,577 ini menunjukan bahwa variabel tipe kepribadian dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 57,7 %. Sedangkan sisanya sebesar 42,3 % dipengruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian ini. Sumbangan relatif untuk variabel x1 = 62,81 % dan untuk x2 = 37,19 % dan sumbangan besarnya sumbangan efektif untuk x1 = 36,24% dan untuk x2 = 21,46 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10685
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10685 https://eprints.ums.ac.id/10685/ PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008 WULANSARI , IDA L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap prestasi belajar ekonomi, mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Penelitian mengambil lokasi di MAN 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPS MAN 1 Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik cluster random sampling. Data yang digunakan diperoleh melalui angket. Angket yang digunakan sebelumnya diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasarat analisis normalitas dan linieritas kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa tipe kepribadian dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi persamaan regresi : Y = 39,334 + 0,481 x1 + 0,293 x2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 18,387 > 4,21 ( pada taraf signifikansi 5 %) berarti antara tipe kepribadian dan kretivitas siswa secara bersama-sama berpengruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Uji t untuk variabel tipe kepribadian diperoleh thitung > ttabel atau 4,124 > 2,041( pada taraf signifikansi 5 %) dan untuk variabel kreativitas siswa diperoleh thitung > ttabel 2,122 > 2,041 (pada taraf signifikansi 5 %), dari kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Koefisien determinasi R2 sebesar 0,577 ini menunjukan bahwa variabel tipe kepribadian dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 57,7 %. Sedangkan sisanya sebesar 42,3 % dipengruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian ini. Sumbangan relatif untuk variabel x1 = 62,81 % dan untuk x2 = 37,19 % dan sumbangan besarnya sumbangan efektif untuk x1 = 36,24% dan untuk x2 = 21,46 %. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10685/1/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10685/4/hal.depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10685/7/A210030075.pdf WULANSARI , IDA (2007) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210030075
spellingShingle L Education (General)
WULANSARI , IDA
PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008
title PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008
title_full PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008
title_fullStr PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008
title_full_unstemmed PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008
title_short PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008
title_sort pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas xi ips man i surakarta tahun 2007 2008
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10685/
work_keys_str_mv AT wulansariida pengaruhtipekepribadiandankreativitassiswaterhadapprestasibelajarekonomikelasxiipsmanisurakartatahun20072008