PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS MAN I SURAKARTA TAHUN 2007/2008
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap prestasi belajar ekonomi, mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta tahun pelaj...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10685/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian terhadap
prestasi belajar ekonomi, mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar
ekonomi dan untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian dan kreativitas belajar
ekonomi siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif karena penelitian ini
tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Penelitian mengambil
lokasi di MAN 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPS MAN 1 Surakarta.
Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik cluster random sampling.
Data yang digunakan diperoleh melalui angket. Angket yang digunakan
sebelumnya diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji prasarat analisis normalitas dan linieritas kemudian dilanjutkan
dengan analisis regresi berganda.
Hasil analisis menunjukan bahwa tipe kepribadian dan kreativitas siswa terhadap
prestasi belajar ekonomi persamaan regresi : Y = 39,334 + 0,481 x1 + 0,293 x2. Uji
regresi diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 18,387 > 4,21 ( pada taraf signifikansi 5 %) berarti
antara tipe kepribadian dan kretivitas siswa secara bersama-sama berpengruh terhadap
prestasi belajar ekonomi. Uji t untuk variabel tipe kepribadian diperoleh thitung > ttabel atau
4,124 > 2,041( pada taraf signifikansi 5 %) dan untuk variabel kreativitas siswa diperoleh
thitung > ttabel 2,122 > 2,041 (pada taraf signifikansi 5 %), dari kedua variabel tersebut
secara signifikan mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi.
Koefisien determinasi R2 sebesar 0,577 ini menunjukan bahwa variabel tipe kepribadian
dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 57,7 %.
Sedangkan sisanya sebesar 42,3 % dipengruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat
dalam model penelitian ini. Sumbangan relatif untuk variabel x1 = 62,81 % dan untuk x2
= 37,19 % dan sumbangan besarnya sumbangan efektif untuk x1 = 36,24% dan untuk x2
= 21,46 %. |
---|