PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat di kelurahan Trukan, Pracimantoro, Wonogiri, 2) Mengetahui sejauh mana partisipasi masyarakat terhadap pelaks...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDIYANTI , Emy
Format: Thesis
Language:English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10682/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995138471067648
author WIDIYANTI , Emy
author_facet WIDIYANTI , Emy
author_sort WIDIYANTI , Emy
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat di kelurahan Trukan, Pracimantoro, Wonogiri, 2) Mengetahui sejauh mana partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan masyarakat, 3) Menyumbangkan karya ilmiah ini pada perkembangan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan atau masyarakat sendiri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian mengambil lokasi di wilayah Trukan, Pracimantoro kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Trukan, Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Sampel yang diambil sebanyak 60 warga di Trukan, Pracimantoro kabupaten Wonogiri dengan tehnik Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket. Angket yang digunakan sebelumnya di uji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat diperoleh persamaan regresi : Y = 27,358 + 0,614 X1 - 0,464 X2.. Uji regresi diperoleh F hitung > F tabel atau 34,045 > 3,17 (pada taraf signifikansi 5%) berarti antara tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal secara bersama-sama berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat. Uji t untuk variabel tingkat pendidikan formal diperoleh t hitung > dari t tabel atau 6,703 > 2,000 (pada taraf signifikansi 5%) dan untuk variabel pendidikan non formal diperoleh t hitung > t tabel atau -5,154 < -2,000 (pada taraf signifikansi 5%), dari kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,544 ini menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat sebesar 54,4%. Sedangkan sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel x1 sebesar 49,5 %, untuk x2 sebesar 40,5 % dan besarnya sumbangan efektif untuk x1 sebesar 32,4 % dan untuk x2 sebesar 22,03 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10682
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10682 https://eprints.ums.ac.id/10682/ PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI WIDIYANTI , Emy L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat di kelurahan Trukan, Pracimantoro, Wonogiri, 2) Mengetahui sejauh mana partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan masyarakat, 3) Menyumbangkan karya ilmiah ini pada perkembangan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan atau masyarakat sendiri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian mengambil lokasi di wilayah Trukan, Pracimantoro kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Trukan, Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Sampel yang diambil sebanyak 60 warga di Trukan, Pracimantoro kabupaten Wonogiri dengan tehnik Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket. Angket yang digunakan sebelumnya di uji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis yang kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat diperoleh persamaan regresi : Y = 27,358 + 0,614 X1 - 0,464 X2.. Uji regresi diperoleh F hitung > F tabel atau 34,045 > 3,17 (pada taraf signifikansi 5%) berarti antara tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal secara bersama-sama berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat. Uji t untuk variabel tingkat pendidikan formal diperoleh t hitung > dari t tabel atau 6,703 > 2,000 (pada taraf signifikansi 5%) dan untuk variabel pendidikan non formal diperoleh t hitung > t tabel atau -5,154 < -2,000 (pada taraf signifikansi 5%), dari kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,544 ini menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat sebesar 54,4%. Sedangkan sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel x1 sebesar 49,5 %, untuk x2 sebesar 40,5 % dan besarnya sumbangan efektif untuk x1 sebesar 32,4 % dan untuk x2 sebesar 22,03 %. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10682/1/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10682/4/hal.depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10682/6/EMY_W_SKRIPSI.pdf WIDIYANTI , Emy (2007) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 210 030 077
spellingShingle L Education (General)
WIDIYANTI , Emy
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI
title PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI
title_full PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI
title_fullStr PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI
title_full_unstemmed PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI
title_short PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENDIDIKAN NON FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TRUKAN, PRACIMANTORO, WONOGIRI
title_sort pengaruh tingkat pendidikan formal dan pendidikan non formal terhadap partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pembangunan masyarakat di kelurahan trukan pracimantoro wonogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10682/
work_keys_str_mv AT widiyantiemy pengaruhtingkatpendidikanformaldanpendidikannonformalterhadappartisipasimasyarakatdalammensukseskanpembangunanmasyarakatdikelurahantrukanpracimantorowonogiri