IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 DELANGGU
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas- tugas dengan standar, performasi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi terte...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10677/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan suatu konsep kurikulum
yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-
tugas dengan standar, performasi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh
peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam menyiapkan
materi pelajaran, untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pelaksanaan/ pembelajaran bahasa Indonesia, untuk dapat mencapai
tujuan kurikulum harus ada perubahan kurikulum pendidikan diberbagai bidang yang
meliputi materi pengajaran, skenario kegiatan belajar mengajar, metode pengajaran
serta alat dan prasarana pengajaran mulai tahun ajaran 2004 sudah diberlakukan
kurikulum berbasis kompetensi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian yaitu
penelitian kualitatif. Objek penelitian yaitu implementasi Kurikulum Berbasis
Kompetensi di SMP Negeri 3 Delanggu dan guru bidang studi bahasa Indonesia,
teknik pengumpulan data yaitu interview (wawancara), observasi, studi dokumen,
teknik analisis data, yaitu deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu
data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan selama proses
pembelajaran.
Hasil penelitian meliputi gambaran umum penelitian yaitu letak geografis,
situasi kelas, keadaan ruangan belajar mengajar, keadaan penunjang sarana dan
prasarana belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, latar belakang anak didik, latar
belakang guru, langkah-langkah guru dalam menyiapkan materi pelajaran yaitu
materi pelajaran, pengembangan materi pembelajaran, media pembelajaran yang
digunakan, pemilihan metode pembelajaran, langkah-langkah guru dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar, faktor-faktor yang mempengaruhi
pelaksanaan pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi pada mata pelajaran
bahasa Indonesia.
|
---|