IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 DELANGGU

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas- tugas dengan standar, performasi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi terte...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUPARMI , SUPARMI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10677/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas- tugas dengan standar, performasi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam menyiapkan materi pelajaran, untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan/ pembelajaran bahasa Indonesia, untuk dapat mencapai tujuan kurikulum harus ada perubahan kurikulum pendidikan diberbagai bidang yang meliputi materi pengajaran, skenario kegiatan belajar mengajar, metode pengajaran serta alat dan prasarana pengajaran mulai tahun ajaran 2004 sudah diberlakukan kurikulum berbasis kompetensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif. Objek penelitian yaitu implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 3 Delanggu dan guru bidang studi bahasa Indonesia, teknik pengumpulan data yaitu interview (wawancara), observasi, studi dokumen, teknik analisis data, yaitu deskriptif kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian meliputi gambaran umum penelitian yaitu letak geografis, situasi kelas, keadaan ruangan belajar mengajar, keadaan penunjang sarana dan prasarana belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, latar belakang anak didik, latar belakang guru, langkah-langkah guru dalam menyiapkan materi pelajaran yaitu materi pelajaran, pengembangan materi pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan, pemilihan metode pembelajaran, langkah-langkah guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi pada mata pelajaran bahasa Indonesia.