LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YAHYA DANI, UMAR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10672/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995136038371328
author YAHYA DANI, UMAR
author_facet YAHYA DANI, UMAR
author_sort YAHYA DANI, UMAR
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kanak (TK), dan (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosakata anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian lagu anak-anak sebagai sumber pembelajaran kosakata anak TK. Sumber data diperoleh dari anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catat, dan rekam. Analisis data dengan teknik teknik padan. Hasil penelitian dapat diperoleh suatu simpulan: (1) bentuk-bentk kosakata yang diperoleh oleh anak TK berbentuk kata dasar dan kata jadian. Adapun kata dasar yang diperoleh dalam bentuk sukukata; (2) pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosa kata di Taman Kanak-kanak (TK) dipergunakan sebagai: a) kemampuan berbahasa, b) keterampilan berbahasai, dan c) meningkatkan interaksi sosial; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosa kata anak dengan media syair lagu anak-anak, yaitu: intelegensi, jenis disiplin, posisi urutan anak, status sosial ekonomi, dan lingkungan keluarga.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10672
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10672 https://eprints.ums.ac.id/10672/ LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI YAHYA DANI, UMAR L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kanak (TK), dan (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosakata anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian lagu anak-anak sebagai sumber pembelajaran kosakata anak TK. Sumber data diperoleh dari anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catat, dan rekam. Analisis data dengan teknik teknik padan. Hasil penelitian dapat diperoleh suatu simpulan: (1) bentuk-bentk kosakata yang diperoleh oleh anak TK berbentuk kata dasar dan kata jadian. Adapun kata dasar yang diperoleh dalam bentuk sukukata; (2) pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosa kata di Taman Kanak-kanak (TK) dipergunakan sebagai: a) kemampuan berbahasa, b) keterampilan berbahasai, dan c) meningkatkan interaksi sosial; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosa kata anak dengan media syair lagu anak-anak, yaitu: intelegensi, jenis disiplin, posisi urutan anak, status sosial ekonomi, dan lingkungan keluarga. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/1/depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/2/bab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/4/bab2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/8/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/9/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/10/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/11/dapus.pdf YAHYA DANI, UMAR (2007) LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310020032
spellingShingle L Education (General)
YAHYA DANI, UMAR
LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI
title LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI
title_full LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI
title_fullStr LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI
title_full_unstemmed LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI
title_short LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI
title_sort lagu anak anak sebagai media pembelajaran kosakata di taman kanak kanak tk dharma wanita sendhangmulya wonogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10672/
work_keys_str_mv AT yahyadaniumar laguanakanaksebagaimediapembelajarankosakataditamankanakkanaktkdharmawanitasendhangmulyawonogiri