LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10672/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995136038371328 |
---|---|
author | YAHYA DANI, UMAR |
author_facet | YAHYA DANI, UMAR |
author_sort | YAHYA DANI, UMAR |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam
lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma
Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak
sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kanak (TK), dan (3)
mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosakata anak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek
penelitian lagu anak-anak sebagai sumber pembelajaran kosakata anak TK.
Sumber data diperoleh dari anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma
Wanita Sendhangmulya Wonogiri. Teknik dan instrumen pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, catat, dan rekam. Analisis data dengan teknik
teknik padan.
Hasil penelitian dapat diperoleh suatu simpulan: (1) bentuk-bentk kosakata
yang diperoleh oleh anak TK berbentuk kata dasar dan kata jadian. Adapun kata
dasar yang diperoleh dalam bentuk sukukata; (2) pemanfaatan lagu anak-anak
sebagai media pembelajaran kosa kata di Taman Kanak-kanak (TK) dipergunakan
sebagai: a) kemampuan berbahasa, b) keterampilan berbahasai, dan c)
meningkatkan interaksi sosial; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan kosa kata anak dengan media syair lagu anak-anak, yaitu:
intelegensi, jenis disiplin, posisi urutan anak, status sosial ekonomi, dan
lingkungan keluarga. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10672 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10672 https://eprints.ums.ac.id/10672/ LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI YAHYA DANI, UMAR L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk kosa kata dalam lagu anak-anak yang dipelajari oleh anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri, (2) mengetahui pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosakata di Taman Kanak-kanak (TK), dan (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosakata anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian lagu anak-anak sebagai sumber pembelajaran kosakata anak TK. Sumber data diperoleh dari anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita Sendhangmulya Wonogiri. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catat, dan rekam. Analisis data dengan teknik teknik padan. Hasil penelitian dapat diperoleh suatu simpulan: (1) bentuk-bentk kosakata yang diperoleh oleh anak TK berbentuk kata dasar dan kata jadian. Adapun kata dasar yang diperoleh dalam bentuk sukukata; (2) pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pembelajaran kosa kata di Taman Kanak-kanak (TK) dipergunakan sebagai: a) kemampuan berbahasa, b) keterampilan berbahasai, dan c) meningkatkan interaksi sosial; (3) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kosa kata anak dengan media syair lagu anak-anak, yaitu: intelegensi, jenis disiplin, posisi urutan anak, status sosial ekonomi, dan lingkungan keluarga. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/1/depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/2/bab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/4/bab2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/8/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/9/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/10/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10672/11/dapus.pdf YAHYA DANI, UMAR (2007) LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310020032 |
spellingShingle | L Education (General) YAHYA DANI, UMAR LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI |
title | LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI |
title_full | LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI |
title_fullStr | LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI |
title_full_unstemmed | LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI |
title_short | LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DHARMA WANITA SENDHANGMULYA WONOGIRI |
title_sort | lagu anak anak sebagai media pembelajaran kosakata di taman kanak kanak tk dharma wanita sendhangmulya wonogiri |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/10672/ |
work_keys_str_mv | AT yahyadaniumar laguanakanaksebagaimediapembelajarankosakataditamankanakkanaktkdharmawanitasendhangmulyawonogiri |