ANALISIS LOGIKA BAHASA: TINJAUAN SILOGISME DALAM BENTUK SATUAN LINGUAL COPYWRITING IKLAN DI SWALAYAN KOTA SOLO BULAN AGUSTUS 2005

Latar belakang yang mendorong analisis ini adalah karena copywriting iklan dapat dipakai dalam bahasa tulis yaitu untuk menentukan silogisme dengan logika bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk satuan lingual yang mengandung silogisme, (2)mengetahui bentuk silogisme, d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MALVIANI , DIANA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10668/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Latar belakang yang mendorong analisis ini adalah karena copywriting iklan dapat dipakai dalam bahasa tulis yaitu untuk menentukan silogisme dengan logika bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk satuan lingual yang mengandung silogisme, (2)mengetahui bentuk silogisme, dan (3) mengidentifikasi pola silogisme yang terdapat dalam copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005. Objek penelitian ini berupa silogisme pada copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005. Penelitian dilakukan dengan mengambil data yang berupa iklan yaitu copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak diikuti dengan teknik catat. Teknik catat yaitu mencatat ujaran copywriting iklan di swalayan dengan apa adanya yang sesuai dalam kartu data. Analisis data menggunakan metode agih dengan teknik perluas, teknik lesap, dan teknik parafrase. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal, yakni menggunakan rumusan kata-kata dan metode formal, yakni perumusan dengan tanda atau lambang-lambang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Satuan lingual dapat berupa frase terdapat dalam copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005 yang meliputi : (a) Frase benda, (b) Frase kerja, (c) Frase bilangan, (d) Frase keterangan, dan (e) Frase depan. (2) Silogisme copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005 mengacu pada (a) Silogisme kategoris meliputi: (silogisme kategoris bentuk I, silogisme kategoris bentuk II, silogisme kategoris bentuk III, dan silogisme kategoris bentuk IV), (b) Silogisme hipotesis meliputi: (silogisme kondisional dan silogisme disjungtif). (3) Pola silogisme dalam copywriting iklan di swalayan kota Solo bulan Agustus 2005 mengacu pada: (a) Pola silogisme pertama meliputi: (AI-AII DARII, EA-EAE CELARENT, dan EI-EIO FERIO), (b) Pola sologisme kedua meliputi: (AE-AEE CAMETRES, AO-AOO BAROCO, dan EI-EIO FESTINO), (c) Pola silogisme ketiga meliputi: (AA-AAI DARAPTI, AI-AII DATISI, EA-EAO FELAPTON, dan IA-IAI DISAMIS), (d) Pola silogisme keempat meliputi: (EA-EAO FESAPO, dan EI-EIO FRESISON).