PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) bentuk-bentuk gaya bahasa yang terdapat dalam iklan tabloid NYATA yang ditinjau dari struktur kalimatnya dan gaya bahasa yang ditinjau dari langsung tidaknya makna, (2) karakteristik gaya bahasa yang terdapat pada iklan tab...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: PRASETYOWATI , NUNUNG
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2006
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/10667/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
_version_ 1804995134962532352
author PRASETYOWATI , NUNUNG
author_facet PRASETYOWATI , NUNUNG
author_sort PRASETYOWATI , NUNUNG
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) bentuk-bentuk gaya bahasa yang terdapat dalam iklan tabloid NYATA yang ditinjau dari struktur kalimatnya dan gaya bahasa yang ditinjau dari langsung tidaknya makna, (2) karakteristik gaya bahasa yang terdapat pada iklan tabloid NYATA. Sumber data dalam penelitian ini adalah tabloid NYATA. Data yang diperoleh adalah semua iklan yang terdapat gaya bahasa yang ada pada tabloid NYATA. Penelitian ini menggunakan iklan yang terdapat pada tabloid NYATA yang jumlahnya sebanyak 36 data. Penelitian ini menggunakan teknik simak yaitu menyimak penggunaan bahasa. Teknik ini digunakan untuk menyimak langsung data yang akan diteliti kemudian dilakukan teknik catat yaitu melakukan pencatatan. Penelitian ini menggunakan metode agih dalam analisis data, yaitu suatu metode yang alat penentunya bahasa, yang menjadi sasaran penelitian. Teknik yang digunakan adalah teknik lanjutan, diantaranya teknik lesap, teknik perluas dan teknik ganti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa yang digunakan dalam iklan tabloid NYATA berdasarkan struktur kalimatnya, gaya bahasa yang digunakan meliputi gaya bahasa klimaks, anti klimaks, paralelisme, antitesis dan repetisi. Sedangkan gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna dibagi menjadi dua bagian yaitu gaya bahasa retoris yang terdiri dari gaya bahasa aliterasi, asonasi, asidenton, elipsis dan hiperbola. Gaya bahasa yang kedua yaitu gaya bahasa kiasan terdiri dari persamaan (simele), personifikasi (prosepoptei), metonimia. Karakteristik gaya bahasanya meliputi (1) semua perangkat bahasanya disusun, diatur dan digunakan dengan seefisien-efisiennya agar mampu menyampaikan maksud yang dikehendaki, (2) kata-kata yang digunakan banyak macam ragamnya, (3) kalimatnya disusun dengan sebaik- baiknya sesuai dengan tata bahasa Indonesia agar jangan menimbulkan salah paham, kesamaran dan keragu-raguan, (4) pembentukan kata dilakukan dengan cermat sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku dalam bahasa umum.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10667
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10667 https://eprints.ums.ac.id/10667/ PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005 PRASETYOWATI , NUNUNG L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) bentuk-bentuk gaya bahasa yang terdapat dalam iklan tabloid NYATA yang ditinjau dari struktur kalimatnya dan gaya bahasa yang ditinjau dari langsung tidaknya makna, (2) karakteristik gaya bahasa yang terdapat pada iklan tabloid NYATA. Sumber data dalam penelitian ini adalah tabloid NYATA. Data yang diperoleh adalah semua iklan yang terdapat gaya bahasa yang ada pada tabloid NYATA. Penelitian ini menggunakan iklan yang terdapat pada tabloid NYATA yang jumlahnya sebanyak 36 data. Penelitian ini menggunakan teknik simak yaitu menyimak penggunaan bahasa. Teknik ini digunakan untuk menyimak langsung data yang akan diteliti kemudian dilakukan teknik catat yaitu melakukan pencatatan. Penelitian ini menggunakan metode agih dalam analisis data, yaitu suatu metode yang alat penentunya bahasa, yang menjadi sasaran penelitian. Teknik yang digunakan adalah teknik lanjutan, diantaranya teknik lesap, teknik perluas dan teknik ganti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa yang digunakan dalam iklan tabloid NYATA berdasarkan struktur kalimatnya, gaya bahasa yang digunakan meliputi gaya bahasa klimaks, anti klimaks, paralelisme, antitesis dan repetisi. Sedangkan gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna dibagi menjadi dua bagian yaitu gaya bahasa retoris yang terdiri dari gaya bahasa aliterasi, asonasi, asidenton, elipsis dan hiperbola. Gaya bahasa yang kedua yaitu gaya bahasa kiasan terdiri dari persamaan (simele), personifikasi (prosepoptei), metonimia. Karakteristik gaya bahasanya meliputi (1) semua perangkat bahasanya disusun, diatur dan digunakan dengan seefisien-efisiennya agar mampu menyampaikan maksud yang dikehendaki, (2) kata-kata yang digunakan banyak macam ragamnya, (3) kalimatnya disusun dengan sebaik- baiknya sesuai dengan tata bahasa Indonesia agar jangan menimbulkan salah paham, kesamaran dan keragu-raguan, (4) pembentukan kata dilakukan dengan cermat sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku dalam bahasa umum. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10667/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10667/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10667/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10667/6/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10667/8/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10667/10/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10667/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf PRASETYOWATI , NUNUNG (2006) PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310010099
spellingShingle L Education (General)
PRASETYOWATI , NUNUNG
PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005
title PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005
title_full PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005
title_fullStr PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005
title_full_unstemmed PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005
title_short PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM IKLAN TABLOID NYATA EDISI JANUARI – MARET TAHUN 2005
title_sort penggunaan gaya bahasa dalam iklan tabloid nyata edisi januari maret tahun 2005
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10667/
work_keys_str_mv AT prasetyowatinunung penggunaangayabahasadalamiklantabloidnyataedisijanuarimarettahun2005