ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BIDANG JASA TELEKOMUNIKASI SELULER (Studi Kasus Konsumen Pengguna Simcard Indosat IM3 di Kotamadya Surakarta)
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna simcard Indosat IM3 di Kotamadya Surakarta dan untuk mengetahui dimensi kualitas yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, sebagai dasar untuk mengambil dan mengolah kebi...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English |
Vydáno: |
2006
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/10642/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas
terhadap tingkat kepuasan konsumen pengguna simcard Indosat IM3 di Kotamadya
Surakarta dan untuk mengetahui dimensi kualitas yang paling berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen, sebagai dasar untuk mengambil dan mengolah kebijaksanaan
pelayanan konsumen pengguna simcard Indosat IM3 di masa yang akan datang. Data
yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu data yang berupa
angket, dan data sekunder yang berupa dokumentasi atau catatan yang berhubungan
dengan obyek penelitian. Populasi penelitian adalah pengguna Kartu IM3 di
Kotamadya Surakarta.
Metode analisis yang peneliti gunakan adalah sebagai berikut: (1) Analisis
kualitatif, yaitu analisis dengan cara menjelaskan permasalahan tanpa menggunakan
perhitungan statistik, (2) Analisis Kuantitatif, yaitu analisis menggunakan
perhitungan statistik, sehingga hipotesis dapat diuji. Dalam hal ini peneliti
menggunakan analisis uji regresi berganda, uji korelasi, uji t dan uji F.
Hasil dari penelitan ini adalah: (1) Hasil deskripsi terhadap harapan dan
persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan operator seluler di Kotamadya
Surakarta menunjukkan bahwa baik harapan maupun persepsi pelanggan pada
masing-masing variabel termasuk dalam kategori yang sangat ideal, (2) Hasil uji
regresi berganda berupa persamaan regresi Y = -1,029 + 0,450 X1 + 0,439 X2 + 0,530
X3 + 0,406 X4 + 0,170 X5, persamaan tersebut menunjukkan perubahan positif pada
kelima variabel independen (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan
emphaty) akan meningkatkan variabel dependen (kepuasan pelanggan), (3) hasil uji F
diperoleh adalah Freg > Ftab ; 30,303 > 2,290 pada taraf signifikansi 5%, dengan
demikian persamaan regresi di atas dapat digunakan sebagai alat peramalan atas
kepuasan pelanggan, (4) Hasil pengujian menggunakan uji t menunjukkan 4 variabel
yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance yang terbukti memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel emphaty tidak
terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (5)
berdasarkan nilai thitung dan nilai koefisien regresi masing-masing variabel bebas
terlihat bahwa variabel reliability (X2) memiliki nilai thitung tertinggi yaitu 4,256 dan
nilai Beta tertinggi yaitu 0,319 sehingga disimpulkan bahwa variabel yang paling
dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah variabel reliability dan (6)
diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,617 sehingga disimpulkan 61,7% variasi
perubahan kepuasan pelanggan terhadap kinerja operator seluler dipengaruhi
perubahan kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness,
assurance, dan emphaty. Sedangkan 38,3% variasi perubahan kepuasan pelanggan
terhadap kinerja operator seluler disebabkan oleh variabel lain di luar penelitian.
Kata kunci: mutu pelayanan dan kepuasan konsumen |
---|