PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TEH CELUP TAMBI DI WONOSOBO
Konsumen sangat berperan penting dalam menentukan jenis produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Hal tersebut menuntut perusahaan untuk lebih mengerti konsumen. Ini bukan tugas yang mudah mengingat perubahan-perubahan yang terjadi setiap saat, ditambah lingkungan persaingan glo...
में बचाया:
मुख्य लेखक: | |
---|---|
स्वरूप: | थीसिस |
भाषा: | English English English English |
प्रकाशित: |
2007
|
विषय: | |
ऑनलाइन पहुंच: | https://eprints.ums.ac.id/10641/ |
टैग: |
टैग जोड़ें
कोई टैग नहीं, इस रिकॉर्ड को टैग करने वाले पहले व्यक्ति बनें!
|
सारांश: | Konsumen sangat berperan penting dalam menentukan jenis produk yang
dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Hal tersebut menuntut
perusahaan untuk lebih mengerti konsumen. Ini bukan tugas yang mudah
mengingat perubahan-perubahan yang terjadi setiap saat, ditambah lingkungan
persaingan global yang semakin ketat dengan masuknya produk-produk baru
kepasaran dan kondisi pasar yang jenuh untuk produk-produk tertent, tugas
mengelola loyalitas pelanggan menjadi tantangan yang tidak ringan.
Menghadapi era globalisasi ini, PT. Tambi sebagai perusahaan yang
memproduksi teh celup Tambi berusaha menempatkan kepuasan konsumen
sebagai tujuanya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan
kualitas pelayanan terbaik kepada para konsumen. Kualitas pelayanan tersebut
terdiri dari kualitas produk, harga, promosi, distribusi, dan public relation. Teh
Celup Tambi menyebutnya dengan kualitas 4P+. Sebenarnya konsep ini diperoleh
dari konsep inti pemasaran yang dikemukakan olah Kotler dalam konsep mega
marketing. (product, price, promotion, distribution, power and public relation).
Namun dalam perkembanganya teh celup tambi lebih memberikan penekanan
pada unsur produk, harga, promosi, disribusi, dan public relation.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel
independen (marketing mix) dengan variabel dependen (loyalitas konsumen), baik
secara parsial maupun secara bersama-sama serta mengetahui variabel yang paling
dominan. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi bagi teoriteori
yang berkaitan dengan perilaku konsumen dan pemasaran, khususnya yang
memfokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen
terhadap merk tertentu. Sedangkan manfaat praktis penelitian di harapkan dapat
memberikan kontribusi yang positif untuk memahami karakteristik pembeli
kepada perusahaan yang diteliti sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam
rangka menentukan strategi perusahaan terhadap pembentukan layanan konsumen
yang berkualitas sehingga pada akhirnya terbentuk loyalitas konsumen terhadap
produk teh celup tambi.
Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pengujian menunjukkan thitung
variabel produk, harga, promosi, distribusi, dan public relation sebesar 4.643,
3.115, 2.627, 3.780, dan 2.683 lebih dari ttabel, yaitu sebesar 1.96 yang berarti
secara parsial signifikan mempengaruhi loyaitas konsumen. Besarnya Fhitung
31.916 lebih besar dari Ftabel 2.29 yang berarti variabel produk, harga, promosi,
distribusi, dan public relation secara bersama mempengaruhi loyalitas konsumen.
Kesimpulan yang dapat ditarik antara lain bahwa secara parsial dan bersama
variabel produk, harga, promosi, distribusi dan public relation berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen. Variabel yang paling dominan adalah variabel
produk dengan koefisien regresi sebesar 0.344 dan thitung sebesar 4.463.
Dari kesimpualan diatas maka saran yang dapat diajukan dalam penelitian
sejenis adalah bahwa agar menambah variabel serta desain penelitian. |
---|