PENGARUH MEREK PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA SEPEDA MOTOR HONDA
Setiap perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang efektif agar dapat memenangkan persaingan. Agar konsumen bisa dipertahankan, diperlukan upaya untuk memperkuat dan mempertahankan merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek produk terhadap kepuasan konsumen pengguna se...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10629/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Setiap perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang efektif agar dapat
memenangkan persaingan. Agar konsumen bisa dipertahankan, diperlukan upaya
untuk memperkuat dan mempertahankan merek. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh merek produk terhadap kepuasan konsumen
pengguna sepeda motor Honda.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh pengguna sepeda motor Honda di Kelurahan Sanggrahan Kecamatan
Grogol Kabupaten Sukoharjo. Sampel diambil sebanyak 97 orang pengguna
sepeda motor Honda dan diambil dengan teknik purposive non random sampling.
Data yang diperoleh melalui angket dan wawancara. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa merek produk berpengaruh
positif terhadap kepuasan konsumen pada pengguna sepeda motor Honda di
Kelurahan Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Hal ini terbukti
dari hasil pengujian hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana memperoleh
Fhitung sebesar 66,430 diterima pada taraf signifikansi 5% dengan persamaan
regresi Y = 27,456 + 0,565.X. Artinya tinggi rendahnya kepuasan konsumen
dipengaruhi oleh merek produk. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2)
sebesar = 0,412 menunjukkan bahwa sumbangan (besar pengaruh) variabel merek
produk terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 41,2%, sedangkan 58,8%
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
|
---|