PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Wanadadi Banjarnegara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Angket dilakukan pada siswa dengan s...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10627/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995124565901312 |
---|---|
author | MUBAROK, M. ZAKI |
author_facet | MUBAROK, M. ZAKI |
author_sort | MUBAROK, M. ZAKI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan mengetahui
pengaruh perhatian orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar
mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Wanadadi Banjarnegara.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Angket
dilakukan pada siswa dengan sampel para siswa. Data yang dikumpulkan adalah data
primer berupa angket.
Data diolah menggunakan program SPSS for Windows V. 11.5. Sebelum
dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan
reliabilitas dan data terdistribusi normal. Pengujian hipotesis penelitian ini dengan
persamaan Regresi Linier Berganda, uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hipotesis pertama yang menyebutkan
ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan
ditunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 2.713, diperkuat perhitungan nilai t X1
sebesar 4.004 sementara t tabel sebesar 2.000 atau (4.004 > 2.000) dengan nilai
signifikansi sebesar 0.011<0.05.
Hipotesis kedua yang menyebutkan ada pengaruh kelengkapan sarana belajar
terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan ditunjukkan nilai koefisien regresi
sebesar 1.705, diperkuat perhitungan nilai t X2 sebesar 3.371 sementara t tabel sebesar
2.000 atau (3.371 > 2.000) dengan nilai signifikansi sebesar 0.022<0.05.
Hipotesis ketiga yang menyebutkan ada pengaruh perhatian orang tua dan
kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan
ditunjukkan nilai Fhitung adalah 3.995 dan Ftab adalah 3.15 jadi 3.995 > 3.15 dengan
tingkat signifikansi 0.006 < 0.05, ini berarti Ho ditolak yang artinya ada pengaruh
yang signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Kelengkapan Sarana Belajar
bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10627 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English |
publishDate | 2007 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10627 https://eprints.ums.ac.id/10627/ PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA MUBAROK, M. ZAKI LB2300 Higher Education Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri Wanadadi Banjarnegara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Angket dilakukan pada siswa dengan sampel para siswa. Data yang dikumpulkan adalah data primer berupa angket. Data diolah menggunakan program SPSS for Windows V. 11.5. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas dan data terdistribusi normal. Pengujian hipotesis penelitian ini dengan persamaan Regresi Linier Berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hipotesis pertama yang menyebutkan ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan ditunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 2.713, diperkuat perhitungan nilai t X1 sebesar 4.004 sementara t tabel sebesar 2.000 atau (4.004 > 2.000) dengan nilai signifikansi sebesar 0.011<0.05. Hipotesis kedua yang menyebutkan ada pengaruh kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan ditunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 1.705, diperkuat perhitungan nilai t X2 sebesar 3.371 sementara t tabel sebesar 2.000 atau (3.371 > 2.000) dengan nilai signifikansi sebesar 0.022<0.05. Hipotesis ketiga yang menyebutkan ada pengaruh perhatian orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar siswa terbukti dengan ditunjukkan nilai Fhitung adalah 3.995 dan Ftab adalah 3.15 jadi 3.995 > 3.15 dengan tingkat signifikansi 0.006 < 0.05, ini berarti Ho ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Kelengkapan Sarana Belajar bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10627/1/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10627/4/1._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10627/7/2._BAB_I_-_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10627/9/3._BAB_IV_-_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10627/13/4._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10627/16/5._Lampiran.pdf MUBAROK, M. ZAKI (2007) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210020047 |
spellingShingle | LB2300 Higher Education MUBAROK, M. ZAKI PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA |
title | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA
BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN
EKONOMI PADA SISWA KELAS XI
SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA |
title_full | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA
BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN
EKONOMI PADA SISWA KELAS XI
SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA |
title_fullStr | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA
BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN
EKONOMI PADA SISWA KELAS XI
SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA |
title_full_unstemmed | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA
BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN
EKONOMI PADA SISWA KELAS XI
SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA |
title_short | PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA
BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN
EKONOMI PADA SISWA KELAS XI
SMA NEGERI WANADADI BANJARNEGARA |
title_sort | pengaruh perhatian orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas xi sma negeri wanadadi banjarnegara |
topic | LB2300 Higher Education |
url | https://eprints.ums.ac.id/10627/ |
work_keys_str_mv | AT mubarokmzaki pengaruhperhatianorangtuadankelengkapansaranabelajarterhadapprestasibelajarmatapelajaranekonomipadasiswakelasxismanegeriwanadadibanjarnegara |