PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antar siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat dengan siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan dan untuk mengetahui lebih baik hasil belajar matematika siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RACHMIWATY , NITY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10625/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995124023787520
author RACHMIWATY , NITY
author_facet RACHMIWATY , NITY
author_sort RACHMIWATY , NITY
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antar siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat dengan siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan dan untuk mengetahui lebih baik hasil belajar matematika siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat atau siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan. Data dikumpulkan melalui metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksnakan di SMP Negeri 3 Tasikmadu Kabupaten Karanganyar pada kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing kelas berjumlah 43 siswa. Dengan menggunakan sampel kelompok (cluster sampling) dapat diketahui hasil ukur setiap kelompok sampel dan hasil ukur seluruh sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pendekatannya dimulai dengan berpikir dedutif untuk menurunkan hipotesis, kemudian melakukan pengujian di lapangan. Analisis data untuk mendapatkan hasil hipotesis diterima dengan uji t-test.Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat dengan siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan. 2) Nilai rata-rata siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat mencapai 60,23, sedangkan nilai rata-rata siswa yang ulangan hariannya diberi pembahsan hanya mencapai 49,81. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat lebih baik daripada siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10625
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10625 https://eprints.ums.ac.id/10625/ PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN RACHMIWATY , NITY LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antar siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat dengan siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan dan untuk mengetahui lebih baik hasil belajar matematika siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat atau siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan. Data dikumpulkan melalui metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksnakan di SMP Negeri 3 Tasikmadu Kabupaten Karanganyar pada kelas VIII A dan VIII B yang masing-masing kelas berjumlah 43 siswa. Dengan menggunakan sampel kelompok (cluster sampling) dapat diketahui hasil ukur setiap kelompok sampel dan hasil ukur seluruh sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, pendekatannya dimulai dengan berpikir dedutif untuk menurunkan hipotesis, kemudian melakukan pengujian di lapangan. Analisis data untuk mendapatkan hasil hipotesis diterima dengan uji t-test.Penelitian ini memberikan hasil berupa 1) Ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat dengan siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan. 2) Nilai rata-rata siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat mencapai 60,23, sedangkan nilai rata-rata siswa yang ulangan hariannya diberi pembahsan hanya mencapai 49,81. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat lebih baik daripada siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10625/1/Bab_1_Ni.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10625/4/skripsi.pdf RACHMIWATY , NITY (2007) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410020038
spellingShingle LB Theory and practice of education
RACHMIWATY , NITY
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN
title PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN
title_full PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN
title_fullStr PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN
title_full_unstemmed PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN
title_short PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI RESPON PENGUAT DENGAN SISWA YANG ULANGAN HARIANNYA DIBERI PEMBAHASAN
title_sort perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang ulangan hariannya diberi respon penguat dengan siswa yang ulangan hariannya diberi pembahasan
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10625/
work_keys_str_mv AT rachmiwatynity perbedaanhasilbelajarmatematikaantarasiswayangulanganhariannyadiberiresponpenguatdengansiswayangulanganhariannyadiberipembahasan