ANALISIS PENENTUAN PERENCANAAN PRODUKSI DAN PERENCANAAN PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN LABA PADA PT. MUTU GADING TEKSTIL GONDANGREJO KARANGANYAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan produksi, perencanaan penjualan, dan peningkatan laba di PT. Mutu Gading Tekstil Gondangrejo Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif yaitu untuk memaparkan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang pe...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10623/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan produksi,
perencanaan penjualan, dan peningkatan laba di PT. Mutu Gading Tekstil
Gondangrejo Karanganyar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif yaitu
untuk memaparkan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang perencanaan
produksi dan perencanaan penjualan dalam usaha meningkatkan laba perusahaan.
Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu perencanaan produksi dan perencanaan
penjualan, sedangkan variabel terikatnya yaitu laba. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi mengenai volume produksi dan volume
penjualan tahun 2001-2005, serta data biaya tetap dan biaya variabel tahun 2001-
2005. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis Least Square yang digunakan untuk
meramalkan penjualan di masa mendatang, analisis perencanaan anggaran
produksi, dan analisis labanya menggunakan metode Direct Costing, sedangkan
untuk uji hipotesis digunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
perencanaan produksi dan perencanaan penjualan yang dilakukan PT. Mutu
Gading Tekstil, perusahaan memperoleh laba untuk tahun 2006 sebesar Rp.
1.876.528.750. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel pada taraf
signifikansi 5% dengan db (1;3) yaitu 62,522 > 10,1 sehingga hipotesis yang
diajukan yaitu penerapan rencana produksi dan rencana penjualan akan
meningkatkan laba yang maksimal pada PT. Mutu Gading Tekstil telah terbukti
kebenarannya dan dapat diterima. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar = 0,676
menunjukkan bahwa variabel perencanaan produksi dan perencanaan penjualan
mampu meningkatkan laba sebesar 67,6%, sedangkan 32,4% sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
---|