ANALISIS PENENTUAN PERENCANAAN PRODUKSI DAN PERENCANAAN PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN LABA PADA PT. MUTU GADING TEKSTIL GONDANGREJO KARANGANYAR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan produksi, perencanaan penjualan, dan peningkatan laba di PT. Mutu Gading Tekstil Gondangrejo Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif yaitu untuk memaparkan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROSIDI, ROSIDI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10623/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan produksi, perencanaan penjualan, dan peningkatan laba di PT. Mutu Gading Tekstil Gondangrejo Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif yaitu untuk memaparkan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang perencanaan produksi dan perencanaan penjualan dalam usaha meningkatkan laba perusahaan. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu perencanaan produksi dan perencanaan penjualan, sedangkan variabel terikatnya yaitu laba. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi mengenai volume produksi dan volume penjualan tahun 2001-2005, serta data biaya tetap dan biaya variabel tahun 2001- 2005. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Least Square yang digunakan untuk meramalkan penjualan di masa mendatang, analisis perencanaan anggaran produksi, dan analisis labanya menggunakan metode Direct Costing, sedangkan untuk uji hipotesis digunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan perencanaan produksi dan perencanaan penjualan yang dilakukan PT. Mutu Gading Tekstil, perusahaan memperoleh laba untuk tahun 2006 sebesar Rp. 1.876.528.750. Hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (1;3) yaitu 62,522 > 10,1 sehingga hipotesis yang diajukan yaitu penerapan rencana produksi dan rencana penjualan akan meningkatkan laba yang maksimal pada PT. Mutu Gading Tekstil telah terbukti kebenarannya dan dapat diterima. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar = 0,676 menunjukkan bahwa variabel perencanaan produksi dan perencanaan penjualan mampu meningkatkan laba sebesar 67,6%, sedangkan 32,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.