STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN

STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN (2005). Tesis Magister Studi Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. April 2005 Penelitian ini bertujuan untuk meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURSALIM, NURSALIM
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2005
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10622/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995123480625152
author NURSALIM, NURSALIM
author_facet NURSALIM, NURSALIM
author_sort NURSALIM, NURSALIM
collection ePrints
description STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN (2005). Tesis Magister Studi Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. April 2005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh latarbelakang sekolah terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan (3) adanya interaksi antara latarbelakang sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Negeri Rowokele Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2002/2003 dengan menggunakan angket dan prestasi belajar semester II. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II terdiri dari empat kelas tiga kelas jurusan IPS dan satu kelas jurusan IPA, kelas yang dijadikan sampling adalah kelas II jurusan IPA. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui latarbelakang sekolah dan motivasi belajar sedangkan dokumentasi tes prestasi belajar untuk mengetahui prestasi belajar pendidikan agama Islam. Tehnik analisis yang digunakan adalah Anava Rancangan Faktorial 2x2 yang dilanjutkan untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang berlatarbelakang MTs dan siswa yang berlatar belakang SMP dengan menggunakan taraf signifikansi 5% dan taraf kepercayaan 95%. Setelah diuji dengan Anava ternyata latarbelakang sekolah tidak mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam secara signifikan. Hal ini ditandai dengan perolehan nilai Fhitung = 2,547 dari Ftabel = 4,11 dan motivasi belajar tidak mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam secara signifikan. Hal ini ditandai dengan perolehan nilai Fhitung = 3,803  dari Ftabel pada taraf signifikansi 5 % = 4,11 dan begitu pula pada interaksi latarbelakang sekolah, motivasi belajar dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar tidak ada perbedaan interaksi yang signifikan karena nilai Fhitung = 0,708 dengan taraf kepercayaan 95 % pada db 8 sedangkan harga Ftabel = 4,11 sehingga berlakulah aturan keputusan yang kedua menerima hipotesis nihil Ho jika ternyata Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Tidak adanya perbedaan yang signifikan ini disebabkan antara lain: 1. Kurikulum mata pelajaran agama Islam di SMU merupkan kelanjutan dari kurikulum pendidikan agama Islam di SMP bukan kelanjutan dari MTs. 2. Mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak termasuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10622
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2005
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10622 https://eprints.ums.ac.id/10622/ STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN NURSALIM, NURSALIM L Education (General) LB1603 Secondary Education. Middle Schools STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN (2005). Tesis Magister Studi Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. April 2005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh latarbelakang sekolah terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan (3) adanya interaksi antara latarbelakang sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMU Negeri Rowokele Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2002/2003 dengan menggunakan angket dan prestasi belajar semester II. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II terdiri dari empat kelas tiga kelas jurusan IPS dan satu kelas jurusan IPA, kelas yang dijadikan sampling adalah kelas II jurusan IPA. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui latarbelakang sekolah dan motivasi belajar sedangkan dokumentasi tes prestasi belajar untuk mengetahui prestasi belajar pendidikan agama Islam. Tehnik analisis yang digunakan adalah Anava Rancangan Faktorial 2x2 yang dilanjutkan untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang berlatarbelakang MTs dan siswa yang berlatar belakang SMP dengan menggunakan taraf signifikansi 5% dan taraf kepercayaan 95%. Setelah diuji dengan Anava ternyata latarbelakang sekolah tidak mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam secara signifikan. Hal ini ditandai dengan perolehan nilai Fhitung = 2,547 dari Ftabel = 4,11 dan motivasi belajar tidak mempengaruhi prestasi belajar pendidikan agama Islam secara signifikan. Hal ini ditandai dengan perolehan nilai Fhitung = 3,803  dari Ftabel pada taraf signifikansi 5 % = 4,11 dan begitu pula pada interaksi latarbelakang sekolah, motivasi belajar dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar tidak ada perbedaan interaksi yang signifikan karena nilai Fhitung = 0,708 dengan taraf kepercayaan 95 % pada db 8 sedangkan harga Ftabel = 4,11 sehingga berlakulah aturan keputusan yang kedua menerima hipotesis nihil Ho jika ternyata Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Tidak adanya perbedaan yang signifikan ini disebabkan antara lain: 1. Kurikulum mata pelajaran agama Islam di SMU merupkan kelanjutan dari kurikulum pendidikan agama Islam di SMP bukan kelanjutan dari MTs. 2. Mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak termasuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional. 2005 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10622/1/Nursalim-Bab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10622/4/O000010088_Nursalim.pdf NURSALIM, NURSALIM (2005) STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN. Thesis thesis, UMS. O000010088
spellingShingle L Education (General)
LB1603 Secondary Education. Middle Schools
NURSALIM, NURSALIM
STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN
title STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN
title_full STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN
title_fullStr STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN
title_full_unstemmed STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN
title_short STUDI TENTANG LATAR BELAKANG SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMU NEGERI ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN
title_sort studi tentang latar belakang sekolah motivasi belajar dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di smu negeri rowokele kabupaten kebumen
topic L Education (General)
LB1603 Secondary Education. Middle Schools
url https://eprints.ums.ac.id/10622/
work_keys_str_mv AT nursalimnursalim studitentanglatarbelakangsekolahmotivasibelajardanpengaruhnyaterhadapprestasibelajarpendidikanagamaislamdismunegerirowokelekabupatenkebumen