PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Universitas Muhammadiyah Purworejo merupakan alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purworejo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 05/D/0/1999 tanggal 8 Januari 1999, sedang Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhamma...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: SYAMSUDDIN , MASAGUS
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
Veröffentlicht: 2005
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/10613/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
_version_ 1804995121298538496
author SYAMSUDDIN , MASAGUS
author_facet SYAMSUDDIN , MASAGUS
author_sort SYAMSUDDIN , MASAGUS
collection ePrints
description Universitas Muhammadiyah Purworejo merupakan alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purworejo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 05/D/0/1999 tanggal 8 Januari 1999, sedang Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purworejo berdiri berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VI tanggal 1 Desember 1973 Nomor : 065/C/K/IV/73. Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam usaha menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berkualitas baik mengalami hambatan. Hambatan itu terjadi karena syarat-syarat minimal yang harus dimiliki oleh sebuah perduruan tinggi untuk meningkatkan kemampuannya belum terpenuhi. Syarat-syarat itu antara lain prasarana kampus yang memadai, peralatan laboratorium yang cukup sesuai dengan kebutuhan masing-masing program studi, perpustakaan yang berfungsi, dan armada dosen dan karyawan yang siap berjuang, artinya dosen-dosen dan karyawan-karyawan yang mempunyai dedikasi dengan kemampuan profesional yang tinggi, dalam rangka memberikan pelayanan kepada mahasiswa, orang tua mahasiswa, dan pemerintah atau instansi atau lembaga-lembaga pendidikan pemakai produk Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tersedianya komponen- komponen itu akan sangat mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Karena dalam konteks perguruan tinggi, proses belajar adalah bagian terpenting dari jasa yang disajikan oleh perguruan tinggi untuk para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses belajar mengajar dalam perspektif Total Quality Management di Universitas Muhammadiyah Purworejo untuk mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian berusaha untuk mengungkap secara lebih jelas dan mendalam aktifitas proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar yang berlangsung selama ini belum memungkinkan secara optimal untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berkualitas baik untuk bersaing dalam dunia kerja. Para personil yang terlibat di dalam pengelolaan Universitas Muhammadiyah Purworejo perlu mempertimbangkan penerapan Total Quality Management in Education dalam manajemennya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10613
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2005
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10613 https://eprints.ums.ac.id/10613/ PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO SYAMSUDDIN , MASAGUS LB2300 Higher Education Universitas Muhammadiyah Purworejo merupakan alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purworejo berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 05/D/0/1999 tanggal 8 Januari 1999, sedang Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purworejo berdiri berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VI tanggal 1 Desember 1973 Nomor : 065/C/K/IV/73. Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam usaha menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berkualitas baik mengalami hambatan. Hambatan itu terjadi karena syarat-syarat minimal yang harus dimiliki oleh sebuah perduruan tinggi untuk meningkatkan kemampuannya belum terpenuhi. Syarat-syarat itu antara lain prasarana kampus yang memadai, peralatan laboratorium yang cukup sesuai dengan kebutuhan masing-masing program studi, perpustakaan yang berfungsi, dan armada dosen dan karyawan yang siap berjuang, artinya dosen-dosen dan karyawan-karyawan yang mempunyai dedikasi dengan kemampuan profesional yang tinggi, dalam rangka memberikan pelayanan kepada mahasiswa, orang tua mahasiswa, dan pemerintah atau instansi atau lembaga-lembaga pendidikan pemakai produk Universitas Muhammadiyah Purworejo. Tersedianya komponen- komponen itu akan sangat mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Karena dalam konteks perguruan tinggi, proses belajar adalah bagian terpenting dari jasa yang disajikan oleh perguruan tinggi untuk para pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses belajar mengajar dalam perspektif Total Quality Management di Universitas Muhammadiyah Purworejo untuk mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian berusaha untuk mengungkap secara lebih jelas dan mendalam aktifitas proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar yang berlangsung selama ini belum memungkinkan secara optimal untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berkualitas baik untuk bersaing dalam dunia kerja. Para personil yang terlibat di dalam pengelolaan Universitas Muhammadiyah Purworejo perlu mempertimbangkan penerapan Total Quality Management in Education dalam manajemennya. 2005 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10613/1/Massagus-Bab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10613/4/O000010068__Massagus_S.pdf SYAMSUDDIN , MASAGUS (2005) PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO. Thesis thesis, UMS. O000010068
spellingShingle LB2300 Higher Education
SYAMSUDDIN , MASAGUS
PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
title PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
title_full PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
title_fullStr PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
title_full_unstemmed PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
title_short PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DALAM PERSPEKTIF TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
title_sort pelaksanaan proses belajar mengajar dalam perspektif total quality management di universitas muhammadiyah purworejo
topic LB2300 Higher Education
url https://eprints.ums.ac.id/10613/
work_keys_str_mv AT syamsuddinmasagus pelaksanaanprosesbelajarmengajardalamperspektiftotalqualitymanagementdiuniversitasmuhammadiyahpurworejo