ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perpindahan Merek Telepon Seluler. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadi Surakarta). Loyalitas merek merupakan kondisi dimana konsumen mempunyai sikap positip ter...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SRI WIDODO, SRI WIDODO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10608/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995120209068032
author SRI WIDODO, SRI WIDODO
author_facet SRI WIDODO, SRI WIDODO
author_sort SRI WIDODO, SRI WIDODO
collection ePrints
description Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perpindahan Merek Telepon Seluler. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadi Surakarta). Loyalitas merek merupakan kondisi dimana konsumen mempunyai sikap positip terhadap sebuah merek, mempunyai komitmen terhadap merek tersebut dan bermaksud untuk meneruskan pembeliannya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merek; 2) mengetahui apakah karakteristik produk (tingkat keterlibatan pembelian konsumen, perbedaan persepsi diantar merek dan karaktristik hedonis) secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merek; 3) mengetahui apakah tingkat keterlibatan pembelian, perbedaan persepsi diantara merek, karaktristik hedonis, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta yang semuanya berjumlah 19.050 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 mahasiswa. Pengukuran variabel dengan kuesioner penelitian yang menggunakan pilihan jawaban responden lima poin skala Likert. Metode analisis data adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta. Demikian juga terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik produk (tingkat keterlibatan pembelian, perbedaan persepsi di antara merek dan karakteristik hedonis terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta. Nilai Negelkerke R Square sebesar 0,537 menunjukkan bahwa variabilitas variabel dependen (keputusan berpindah merek telepon seluler) yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel independen (tingkat keterlibatan konsumen, perbedaan persepsi di antara merk, karakteristik hedonis, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen) sebesar 53,7%; sedangkan sisanya sebesar 46,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar kelima variabel tersebut. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler adalah keterlibatan konsumen.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10608
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10608 https://eprints.ums.ac.id/10608/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta) SRI WIDODO, SRI WIDODO HD28 Management Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perpindahan Merek Telepon Seluler. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadi Surakarta). Loyalitas merek merupakan kondisi dimana konsumen mempunyai sikap positip terhadap sebuah merek, mempunyai komitmen terhadap merek tersebut dan bermaksud untuk meneruskan pembeliannya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merek; 2) mengetahui apakah karakteristik produk (tingkat keterlibatan pembelian konsumen, perbedaan persepsi diantar merek dan karaktristik hedonis) secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan merek; 3) mengetahui apakah tingkat keterlibatan pembelian, perbedaan persepsi diantara merek, karaktristik hedonis, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta yang semuanya berjumlah 19.050 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 mahasiswa. Pengukuran variabel dengan kuesioner penelitian yang menggunakan pilihan jawaban responden lima poin skala Likert. Metode analisis data adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta. Demikian juga terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik produk (tingkat keterlibatan pembelian, perbedaan persepsi di antara merek dan karakteristik hedonis terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta. Nilai Negelkerke R Square sebesar 0,537 menunjukkan bahwa variabilitas variabel dependen (keputusan berpindah merek telepon seluler) yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel independen (tingkat keterlibatan konsumen, perbedaan persepsi di antara merk, karakteristik hedonis, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen) sebesar 53,7%; sedangkan sisanya sebesar 46,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar kelima variabel tersebut. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler adalah keterlibatan konsumen. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10608/1/cover%2Bbab1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10608/4/SRI_WIDODO%2C_B_100_020_264.pdf SRI WIDODO, SRI WIDODO (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100020264
spellingShingle HD28 Management
SRI WIDODO, SRI WIDODO
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)
title_sort analisis faktor faktor yang mempengaruhi keputusan perpindahan merek telepon seluler studi pada mahasiswa universitas muhammadiyah surakarta dan mahasantri mahad abu bakar ash shidiq universitas muhammadiyah surakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/10608/
work_keys_str_mv AT sriwidodosriwidodo analisisfaktorfaktoryangmempengaruhikeputusanperpindahanmerekteleponselulerstudipadamahasiswauniversitasmuhammadiyahsurakartadanmahasantrimahadabubakarashshidiquniversitasmuhammadiyahsurakarta