ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK TELEPON SELULER ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perpindahan Merek Telepon Seluler. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadi Surakarta). Loyalitas merek merupakan kondisi dimana konsumen mempunyai sikap positip ter...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10608/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perpindahan Merek Telepon
Seluler. (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan
Mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadi Surakarta).
Loyalitas merek merupakan kondisi dimana konsumen mempunyai sikap
positip terhadap sebuah merek, mempunyai komitmen terhadap merek tersebut dan
bermaksud untuk meneruskan pembeliannya di masa yang akan datang. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan
konsumen secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan
perpindahan merek; 2) mengetahui apakah karakteristik produk (tingkat keterlibatan
pembelian konsumen, perbedaan persepsi diantar merek dan karaktristik hedonis)
secara parsial memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan perpindahan
merek; 3) mengetahui apakah tingkat keterlibatan pembelian, perbedaan persepsi
diantara merek, karaktristik hedonis, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasaan
konsumen berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta
dan mahasantri Mahad Abu Bakar Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Surakarta
yang semuanya berjumlah 19.050 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan
adalah quota sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 mahasiswa. Pengukuran
variabel dengan kuesioner penelitian yang menggunakan pilihan jawaban responden
lima poin skala Likert. Metode analisis data adalah analisis regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan
perpindahan merek telepon seluler pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Surakarta dan mahasantri Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta. Demikian juga
terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik produk (tingkat keterlibatan
pembelian, perbedaan persepsi di antara merek dan karakteristik hedonis terhadap
keputusan perpindahan merek telepon seluler pada mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Surakarta dan mahasantri Ma’had Abu Bakar Ash Shidiq Surakarta.
Nilai Negelkerke R Square sebesar 0,537 menunjukkan bahwa variabilitas variabel
dependen (keputusan berpindah merek telepon seluler) yang dapat dijelaskan oleh
variabilitas variabel independen (tingkat keterlibatan konsumen, perbedaan persepsi
di antara merk, karakteristik hedonis, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan
konsumen) sebesar 53,7%; sedangkan sisanya sebesar 46,3% dijelaskan oleh variabel
lain di luar kelima variabel tersebut. Faktor yang paling dominan berpengaruh
terhadap keputusan perpindahan merek telepon seluler adalah keterlibatan konsumen.
|
---|