ANALISIS SWOT DALAM MENYUSUN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. AMALIA SURYA CEMERLANG DI KLATEN
Penulis melakkukan penelitian ini pada PT. Amalia Surya Cemerlang. Tujuan penelitian ini adalah untukdan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang ancamanyang dimiliki oleh perusahaan dan juga untuk mengetahui alternative strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan, dalam hal ini adalah PT. Amalia...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English |
Izdano: |
2007
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/10601/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Penulis melakkukan penelitian ini pada PT. Amalia Surya Cemerlang.
Tujuan penelitian ini adalah untukdan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang
ancamanyang dimiliki oleh perusahaan dan juga untuk mengetahui alternative
strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan, dalam hal ini adalah PT. Amalia
Surya Cemerlang.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa SWOT (Strength,
Weakness, Opportunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini
adalah untuk mengidentifikasi lingkungan intern dan ekstern perusahaan dalam
iklim persaingan dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis yang
sama. Analisis SWOT mencakup lingkungan ekstern dan lingkungan intern.
Analisi lingkungan adalah suatu proses yang digunakan untuk menentukan
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Didalam alaisa SWOT ini akan
digunakan pendekatan secara kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan
kualitatif merupakan suatu analisis yang digunakan tanpa mempergunakan
perhitungan angka-angka, melainkan berdasarkan penilaian atau pendapat serta
dasar-dasar yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan yang bersifat
subyektif. Sedangkan pendekatan secara kuantitatif merupakan suatu cara analisis
data menggunakan perhitugan angka-angka atau untuk menunjang proses analisis
data tersebut. Berdasarkan semua analisis tersebut diatas, alat yang dipakai untuk
menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah dengan menggunakan matrik
SWOT. Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan
ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapatdisesuaikan dengan kekuatan
dan kelemahan internal yang dimiliki perusahaan tersebut. Matrik dapat
menghasilhan empat set kemungkinan alternatif strategi. Alat analisis yang lain
adalah dengan MDTI yang digunakan untuk menentukan posisi unit bisnis dan
strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan.
Hasil analisa MDTI yang diperoleh, dapat diketahui unit bisnis PT. Amalia
Surya Cemerlang berada pada sel pertumbuhan selektif. Hal ini dapat dilihat dari
besarnya total tertimbang dari faktor kekuatan dan kelemahan perusahaan sebesar
4.00, sedangkan faktor peluang dan ancaman sebesar 3.7. Ssedangkan dengan
menggunakan analisa SWOT dapat diperoleh hasil bahwa perusahaan dapat
mengambil alternatif stategi ST, WT, SO dan WO |
---|