ANALISA PENGARUH PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ”GEDE SWALAYAN ” BOYOLALI

Perkembangan peradaban dari suatu masyarakat ikut pula mendorong perkembangan dalam bidang perekonomian salah satunya dalam bidang pemasaran. Untuk tetap mendapat simpati dari konsumen, produsen hendaknya senantiasa memperhatikan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ber...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aji, Bayu
Format: Thesis
Language:English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10592/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Perkembangan peradaban dari suatu masyarakat ikut pula mendorong perkembangan dalam bidang perekonomian salah satunya dalam bidang pemasaran. Untuk tetap mendapat simpati dari konsumen, produsen hendaknya senantiasa memperhatikan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Gede di Boyolali. Sedangkan alat analisa yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil olahdata dengan bantuan analisa SPSS diperoleh hasil sebagai berikut : Y = 1,862 + 0,102X1 + 0,323X2 + 0,028X3 + 0,390X4 Koefisien regresi produk (X1) adalah sebesar 0,102, harga (X2) sebesar 0,323, variabel distribusi (X3) sebesar 0,028, variabel promosi (X4) sebesar 0,390. Dengan demikian bahwa faktor-faktor tersebut memberikan kontribusi positif terhadap keputusan pembelian konsumen.. Hasil uji F menunjukkan nilai sebesar 42,634 artinya bahwa keempat variabel produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pada Swalayan Gede di Boyolali (F hitung > f tabel). Berdasarkan uji t diperoleh besarnya thitung produk (X1) adalah 0,554, thitung harga (X2) adalah 2,196, thitung distribusi (X3) adalah 0,181, thitung dan promosi (X4) adalah 3,108. Di mana nilai thitung dari harga dan promosi lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5%; 99 sebesar 1,980, maka kedua variabel tersebut yang meliputi harga (X2) dan promosi (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk di Gede Swalayan Boyolali. Sedangkan faktor produk (X1) dan distribusi (X3) merupakan faktor yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Gede Swalayan Berdasar pada hasil perhitungan, diperoleh hasil nilai R Square sebesar 0,642 atau 64,2 %. Hal ini berarti bahwa besarnya tingkat keeratan antara variabel independen yaitu variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3) dan promosi (X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 64,2 % sedangkan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini