ANALISA PENGARUH PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ”GEDE SWALAYAN ” BOYOLALI
Perkembangan peradaban dari suatu masyarakat ikut pula mendorong perkembangan dalam bidang perekonomian salah satunya dalam bidang pemasaran. Untuk tetap mendapat simpati dari konsumen, produsen hendaknya senantiasa memperhatikan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ber...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10592/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Perkembangan peradaban dari suatu masyarakat ikut pula mendorong
perkembangan dalam bidang perekonomian salah satunya dalam bidang
pemasaran. Untuk tetap mendapat simpati dari konsumen, produsen hendaknya
senantiasa memperhatikan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan
konsumen.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, distribusi dan
promosi terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Gede di Boyolali.
Sedangkan alat analisa yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa
regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil olahdata
dengan bantuan analisa SPSS diperoleh hasil sebagai berikut :
Y = 1,862 + 0,102X1 + 0,323X2 + 0,028X3 + 0,390X4
Koefisien regresi produk (X1) adalah sebesar 0,102, harga (X2) sebesar
0,323, variabel distribusi (X3) sebesar 0,028, variabel promosi (X4) sebesar
0,390. Dengan demikian bahwa faktor-faktor tersebut memberikan kontribusi
positif terhadap keputusan pembelian konsumen.. Hasil uji F menunjukkan nilai
sebesar 42,634 artinya bahwa keempat variabel produk, harga, distribusi dan
promosi terhadap keputusan pembelian produk pada Swalayan Gede di Boyolali
(F hitung > f tabel).
Berdasarkan uji t diperoleh besarnya thitung produk (X1) adalah 0,554, thitung
harga (X2) adalah 2,196, thitung distribusi (X3) adalah 0,181, thitung dan promosi
(X4) adalah 3,108. Di mana nilai thitung dari harga dan promosi lebih besar dari ttabel
pada taraf signifikan 5%; 99 sebesar 1,980, maka kedua variabel tersebut yang
meliputi harga (X2) dan promosi (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk di Gede Swalayan Boyolali. Sedangkan faktor produk (X1)
dan distribusi (X3) merupakan faktor yang tidak berpengaruh terhadap keputusan
pembelian produk di Gede Swalayan
Berdasar pada hasil perhitungan, diperoleh hasil nilai R Square sebesar 0,642 atau
64,2 %. Hal ini berarti bahwa besarnya tingkat keeratan antara variabel
independen yaitu variabel produk (X1), harga (X2), distribusi (X3) dan promosi
(X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 64,2 %
sedangkan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian
ini |
---|