PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI KERJA PADA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN SUKOHARJO
Prestasi kerja merupakan salah satu aspek penentu pencapaian tujuan suatu perusahaan atau instansi. Peningkatan prestasi kerja dapat dicapai melalui pemenuhan aspek aspek kritis yang merupakan penentu keberhasilan kerja karyawan atau pegawai. Prestasi kerja dapat dipengaruhi banyak faktor antara...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10590/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Prestasi kerja merupakan salah satu aspek penentu pencapaian tujuan suatu
perusahaan atau instansi. Peningkatan prestasi kerja dapat dicapai melalui
pemenuhan aspek aspek kritis yang merupakan penentu keberhasilan kerja
karyawan atau pegawai. Prestasi kerja dapat dipengaruhi banyak faktor antara lain:
gaya kepemimpinan dan tipe komunikasi yang diterapkan dalam perusahaan atau
instansi tersebut. Maka peneliti mengambil judul “Pengaruh kepemimpinan
transformasional dan komunikasi interpersonalterhadap prestasi kerja pada
Pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hal tersebut dapat
dirumuskan masalah dari penelitian ini adalah ”Apakah kepemimpinan
transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap prestasi kerja
dan faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan
prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten Sukoharjo”.
Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh
kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal terhadap
peningkatan prestasi kerja pada pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten
Sukoharjo, 2) Untuk mengetahui faktor manakah yang berpengaruh paling
dominan terhadap peningkatan prestasi kerju pada pegawai Dinas Pendidikan di
Kabupaten Sukoharjo. Kemudian hipotesa dari penelitian ini adalah diduga bahwa
kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh
terhadap peningkatan prestasi kerja pada Pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten
Sukoharjo dan faktor yang berpengaruh paling dominan adalah kepemimpinan
transformasional.
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan “purposif sampling”
yaitu mengambil sempel berdasarkan criteria tertentu..Alat analisis data
menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan
uji asumsi klasik.
Hasil dari analisis regresi berganda diperoleh persamaan
Y = + X + X + e 1 2 12,661 0,458 0,332 diperoleh hitung t masing-masing variabel
kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal sebesar (3,331 dan
3,332) > tabel t (2,012) yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi kerja. Secara bersama-sama variabel independen mempunyai hitung F
(16,138) > tabel F (3,195) berarti secara bersama-sama kepemimpinan
transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan
terhadap prestasi kerja. Dan didapat R2 sebesar (0,407) berarti kepemimpinan
transformasional dan komunikasi interpersonal menjelaskan prestasi kerja sebesar
40,7% dan sisanya 59,3% dijelaskan oleh variabel lain. Dan dari pengujian asumsi
klasik membuktikan tidak ada penyimpangan asumsi klasik.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa variabel
kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh yang
positif dan signifikan terhadap prestasi kerja. Dan faktor yang paling dominan
berpengaruh terhadap prestasi kerja adalah kepemimpinan transformasional. |
---|