PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARTASURA MELALUI PENDEKATAN SAVI
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memberikan alternatif guru dalam merancang dan melakukan proses pembelajaran apresiasi puisi dan (2) untuk membntu siswa dalam meningkatkan kemampuan berapresiasi puisi dalam pembelajaran apresiasi puisi. Permaslahan dalam peneitian ini adalah (1) bagaimana ti...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10580/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memberikan alternatif guru dalam merancang dan melakukan proses pembelajaran apresiasi puisi dan (2) untuk membntu siswa dalam meningkatkan kemampuan berapresiasi puisi dalam
pembelajaran apresiasi puisi. Permaslahan dalam peneitian ini adalah (1) bagaimana tindakan-tindakan guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas VII dalam pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi dalam peningkatan kompetensi menulis puisi dengan menggunakan pendekatan SAVI dan (2) adakah peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII selama pembelajaran apresiasi puisi dengan menggunakan pendekatan SAVI.
Metode dalam penelitian ini adalah PTK yaitu sebuah peneitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan cara merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa tetap meningkat.
Hasil penelitian ini adalah (1) ada peningkatan dalam menulis puisi yaitu siswa yang memakai kata-kata kias pada siklus I, 9 siswa (22,5%), siklus II, 22 siswa (55%); dalam memberi tema puisi pada siklus I, 32 siswa (80%), pada
siklus II, 38 siswa (90%); dan ketepatan pilihan kata silus I, 15 siswa (37,5%), siklus II, 21 siswa (52,5%). (2) ada peningkatan dalam membaca puisi yaitu membaca dengan gerakan tubuh siklus I 2 siswa (5%), siklus II, 14 siswa (35%); penggunaan ekspresi wajah siklus I, 2 siswa (5%), siklus II, 13 siswa (32,5%); penggunaan intonasi siklus I, 7 siswa (17,5%), siklus II, 23 siswa (57,5%). (3) ada
peningkatan dalam mendengaran puisi yaitu yang mampu mengomentari pada siklus I, 6 siswa (15%), siklus II, 17 siswa (42,5%); yang mampu berpendapat siklus I, 2 siswa (5%), siklus II, 5 siswa (12,5%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan kompetensi apesiasi puisi siswa. |
---|